Tol Pasuruan – Probolinggo Diresmikan, Tembus Hingga Jakarta 840 Km

Pasuruan - Probolinggo Hanya 30 menit

Tol Paspro sepanjang 31,3 km yang menghubungkan Pasuruan – Probolinggo jawa timur diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu 10 April 2019 dan langsung dioperasikan.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, peresmian dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi di Gerbang Tol Probolinggo Timur. Pembangunan Tol Paspro terdiri dari tiga seksi, Seksi 1 berada di Simpang Susun Tongas, seksi 2 berada di Probolinggo Barat, Desa Muneng, dan Seksi 3 di Kecamatan Leces.

Menurut Jokowi, dengan beroperasinya ruas Tol Pasuruan-Probolinggo membuat jaringan tol di Pulau Jawa tersambung panjang. Setidaknya, dari Merak hingga Probolinggo sudah tersambung. “Kalau kita lihat dari Jakarta, Cawang-Probolinggo sekarang ini sudah tembus sepanjang 840 km,” ujarnya.

Proyek Jalan Tol Paspro juga masuk dalam daftar proyek strategis nasional (PSN) dan jaringan jalan tol Trans Jawa. Dengan adanya tol ini, waktu tempuh Pasuruan ke Probolinggo yang sebelumnya membutuhkan waktu 2,5 jam kini menjadi hanya 30 menit.

Sementara investasi tol Paspro mencapai Rp 3,5 triliun, dan Kontraktor pelaksan pekerjaan jalan tol ini adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk (kode saham : WSKT) dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,9 triliun.

Baca Juga :  Tol Surabaya - Mojokerto siap Beroperasi sebelum Tahun Baru

Pengerjaan proyek jalan tol Paspro dimulai Mei 2016 dan selesai pada bulan Desember 2018. Jalan tol ini sebelumnya sudah dibuka secara fungsional saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2019.(sma/udi)

Iklan suaramojokerto.com
Hot Promo Toyota
Baca juga :