Lestarikan Budaya, Warga Trowulan – Mojokerto Gelar “Ruwatan Dusun”

Dalam melestarikan budaya, “ Ruwatan Dusun” dilakukan oleh warga di Kecamatan Trowulan, Mojokerto atau tepatnya di Dusun Jatisumber, Desa Wates Umpak, Minggu (21/4/2019). Beragam tumpeng atau hasil bumi diarak keliling dusun.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, ruwatan dusun ini di ikuti ratusan warga yang terbagi dalam setiap RT atau RW. Mereka membawa tumpeng, gunungan buah, ataupun hasil bumi. Lalu mereka membawanya keliling dusun dan menuju punden setempat.

Soni, warga setempat mengatakan, kegiatan dilaksanakan rutin setiap tahun pada bulan ruwah. Ruwatan dusun ini diharapkan selalu guyup rukun dan diberi segala kelancaran. “ Ya, memang ini digelar setiap tahun, atau setiap bulan Ruwah (bulan dalam kalender jawa). Hal ini di lakukan seperti hal nya orang terdahulu kita yang selalu menggelar ruwatan dusun”, terangnya.

Wedrik, salah satu ketua RT setempat mengatakan, ruwatan dusun kali ini pihaknya bersama warga membawa gunungan berupa “ Jajanan Pasar ”, yang di rangkai 1 hari sebelum pelaksanaan.

“ Ruwatan ini memang dilakukan sejak jaman dulu. Sehingga agenda ini selalu kita lakukan rutin setiap tahun. Banyak yang membawa gunungan buah, tumpeng atau hasil bumi lainnya, dan setelah itu diarak menuju punden,” tandasnya.

Setelah sampai di punden, warga berkumpul dan menggelar doa bersama agar diberikan kemudahan dalam segala hal serta bisa guyup rukun. Selanjutnya, tumpeng maupun hasil bumi jadi rebutan warga. (adm/ats)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :