Dinas Pendidikan Sayangkan Nilai UNBK Siswa SMK di Mojokerto Anjlok

Foto : Ilustrasi saat siswa gelar UNBK

Dinas Pendidikan (Dispendik) sangat menyayangkan, terkait hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siswa SMK di Kota maupun Kabupaten Mojokerto yang diketahui jeblok.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, dari 4 mata pelajaran (mapel) yang diujikan, ternyata hanya Bahasa Indonesia yang nilainya di atas standar nilai terendah.

Maryono, Kepala Cabang Dispendik Wilayah Jatim di Kabupaten/Kota Mojokerto mengatakan, pihaknya cukup menyayangkan akan hal itu (nilai jeblok), padahal tahun ini segala persiapan termasuk sarana dan prasarana (sarpras) sudah sangat matang.

“ Standar nilai terendah itu kan 55. Tapi ada 3 mapel yang rata-rata nilainya di bawah nilai 55 itu,” ujarnya.

Maryono juga merinci, untuk hasil UNBK tahun 2019 di SMK Kota Mojokerto dengan jumlah peserta 2.211 siswa, untuk Bahasa Inggris rata-rata memperoleh nilai 43.82. Sedangkan untuk mapel Matematika rata-rata 35,46, Kelompok Mapel Peminatan (KMP) rata-rata pemperoleh 44,64.

Hanya Bahasa Indonesia yang nilai rata-ratanya di atas standar nilai terendah, yakni memperoleh 70,52. Sedangkan untuk SMK Kabupaten Mojokerto yang jumlah peserta sebanyak 7.036 siswa, Bahasa Inggris rata-rata memperoleh 42,56, Matematika 36,13, dan KMP memperoleh 45,72. Sedangkan, Bahasa Indonesia nilai rata-ratanya 66,55.

Baca Juga :  Tak Hanya Ujian Nasional, SMK di Mojokerto Ini Harus Tampilkan Karya Terbaik Melalui Ujian Praktik

Maryono menegaskan, banyaknya nilai UNBK SMK yang anjlok itu tidak hanya terjadi di Mojokerto, juga banyak daerah di wilayah Jatim. “ Paling rendah memang selalu mapel Matematika,” tandasnya.

Maryono menilai, penyebabnya karena banyak siswa yang tidak serius, juga terkesan mengentengkan UNBK. Sebab, saat ini nilai UNBK SMK memang belum menjadi syarat nilai kelulusan. “ Mereka (siswa) tidak serius. Jadi, memang harus ada niat dari pemerintah agar ke depannya UNBK ini bisa menjadi syarat kelulusan,” tegasnya. (adm/ats)

Baca juga :