Diringkus Polisi, 5 Pemuda Asal Jombang Curi Kotak Amal Masjid di Mojokerto

TKP di Masjid kawasan Trowulan

Para remaja nekad mrncuri kotak amal Masjid di Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Bahkan aksi itu sempat terekam CCTV.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, aksi pencurian itu terjadi di Masjid Al Muhajirin, Jalan Brawijaya, Dusun Nglinguk, Desa/Kecamatan Trowulan, Rabu dinihari (15/05/2019). Aksi pencurian itu dilakukan oleh 5 pelaku yang rata-rata masih berusia di bawa umur.

Berdasarkan rekaman CCTV, mereka datang ke masjid Al Muhajirin pada Rabu (15/5) sekitar pukul 01.47 WIB. Kelima remaja itu datang menggunakan 2 sepeda motor, jenis Yamaha Vega dan Honda C7 atau Ulung.

Setelah kondisi aman, seorang pelaku berjaket warna merah menyeret kotak amal di sebelah utara teras masjid. Kemudian mencongkel penutup kotak amal menggunakan tang dan obeng. Setelah berhasil, pelaku lain membantu menguras uang.

Selain itu mereka (para pelaku) juga membawa kabur sebuah kotak amal di sebelah selatan teras Masjid Al Muhajirin. Mereka membonceng kotak amal itu menggunakan motor Yamaha Vega nopol S 2951 YB.

Zainul Anwar, Kepala Desa Trowulan mengatakan, kejadian itu baru diketahui oleh takmir, setelah subuh sekitar pukul 04.00 WIB, dengan kondisi kotak amal yang sudah terbuka dan satu lagi di bawa lari.

“Setelah kami lihat CCTV, ternyata kedua kotak amal dicuri. Satunya dicongkel dan dikuras uangnya, satunya lagi dibawa kabur pelaku,” ujar Zainul, Kamis (16/5/2019).

Baca Juga :  Curi 26 Batang Kayu Hutan, 4 Warga Jombang Diringkus Polisi

Setelah mengamati rekaman CCTV, Kades kemudian mengidentifikasi para pelaku, ” Kita cek plat nomor yang bersangkutan. Pada saat itu pelaku menggunakan Yamaha Vega nopol S 2951 YB. Setelah kita cek, ternyata milik warga Dusun Betek Utara, Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Jombang,” tandasnya.

Berbekal bukti rekaman CCTV, takmir Masjid kemudian melapor ke Polsek Trowulan. Usai membuat laporan, kata Zainul, pihaknya bersama 3 anggota polisi menangkap D di rumahnya, Rabu kemarin (15/5) sekitar pukul 10.00 WIB.

Setelah salah satu pelaku di amankan, kemudian di kembangkan petugas kepolisian dan berhasil mengamanka pelaku yang lain.

Rata-rata para pelaku berusia 16 tahun atau di bawah umur. Mereka berasal dari 4 desa berbeda di Kabupaten Jombang. Yaitu Desa Betek dan Kebondalem, Kecamatan Mojoagung, serta Desa Grobogan dan Catak Gayam, Kecamatan Mojowarno.

Sementara itu, AKP Edi Sujarwoko, Kanit Reskrim Polsek Trowulan mengatakan, petugas telah meringkus 4 pelaku pencurian kotak amal di Masjid Al Muhajirin. “Pelaku masih kami mintai keterangan, dan masih mengejar 1 pelaku lagi yang masih buron.” tandasnya. (adm/ats)

Baca juga :