Diknas Mojokerto Target Proyek Seragam Gratis Rampung Sebelum Tahun Ajaran Baru 

Amin Wachid, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto

Tahun ini siswa SD dan SMP di Kota Mojokerto akan kembali mendapat seragam gratis dari Pemkot. Bahkan, Dinas Pendidikan menargetkan program bantuan seragam gratis bisa terdistribusikan kepada siswa tepat waktu. Saat ini paket proyek yang dialokasikan sebesar Rp 2,6 miliar itu sudah masuk ke tahapan lelang.

Amin Wachid, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto mengatkaan, pengadaan seragam gratis sudah dikebut sejak bulan April lalu, yakni diawali dengan pengiriman sampel kain untuk diuji laboratorium di Balai Besar Kerajinan Batik Yogyakarta. Proses itu untuk mengetahui kualitas kain seragam.

Saat ini, proses tender tersebut masih dalam tahap penawaran di Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (LPSE) Kota Mojokerto.Menurut Amin, pemenang lelang paling lambat akan diumumkan pada pertengahan Juni 2019 mendatang. ”Mudah-mudahan pertengahan Juni sudah tandatangan kontrak,” tandasnya.

Sehingga proses pengerjaan di beri estimasi waktu merampungkan pengadaan kain seragam kurang lebih satu bulan. Kalau tidak ada kendala, maka seluruh tahapan di-deadline rampung sebelum tahun ajaran baru 2019/2020 dimulai. Sesuai jadwal, rangkaian Penerimaan peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD/SMP jalur reguler mulai dibuka pada 2-5 Juli mendatang.  Sedangkan hasil penerimaan akan diumumkan pada 8 Juli dan siswa yang dinyatakan diterima, akan diberi kesempatan mendaftar ulang pada 11-12 Juli. ”Harapan kami seragam bisa dibagikan minggu kedua Juli saat tahun ajaran baru,” terangnya.

Amin juga merinci,  seragam gratis akan diberikan kepada seluruh siswa yang dinyataan diterima PPDB, baik di sekolah negeri maupun swasta. Setiap siswa bakal menerima 3 setel kain seragam, yakni seragam nasional merah-putih bagi SD dan biru-putih bagi SMP. Selain itu juga mendapatkan seragam pramuka serta seragam khas Kota Mojokerto orange-hitam. Sehingga total pengadaan seragam mencapai 17.916 setel dengan alokasi anggaran sebesar Rp 2,6 miliar.

Achmad Rizal Zakaria, Wakil Walikota Mojokerto mengapresiasi langkah cepat Dispendik, karena seragam gratis sangat berarti bagi wali murid pada saat tahun ajaran baru nanti. “Saya optimis bisa dibagikan sesuai jadwal sebelum tahun ajaran baru. Langkah Dispendik untuk segera melakukan lelang ini tergokong paling cepat diantara yang lain,” kata Cak Rizal, sapaan akrab Wawali Mojokerto. (adm/ats)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :