Ratusan Siswa SMAN di Mojokerto “Ritual” Basuh Kaki Ibu

Hari pertama pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMAN 1 Mojosari, Kabupaten Mojokerto diisi dengan “ritual” sungkeman dan membasuh kaki ibu.

Informasi yang dihimoun suaramojokerto.com, ritual ini diikuti ratusan siswa baru. Sekaligus mereka akan mendapatkan berbagai materi berupa pengetahuan seperti tata krama, budi pekerti, nasionalisme, wawasan kebangsaan.

Kepala Sekolah SMAN 1 Mojosari, Ibnu Mudzakir mengatakan, dalam pelaksanaan MPLS ini, pihak sekolah bekerjasama dengan beberapa instansi seperti TNI, Polri, BNN dan BPBD.

“Intinya, MPLS ini untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada anak-anak yang baru, yaitu siswa kelas X. Namun, materi ini juga diikuti oleh siswa kelas XI dan XII juga,” katanya.

Ibnu juga menjelaskan, terkait ‘ritual’ sungkeman dan membasuh kaki orangtua ini merupakan salah satu pendidikan karakter, budi pekerti dan akhlak.

Baca Juga :  Dispendik Mojokerto Minta Tidak Ada Perploncoan, Saat MPLS Berlangsung

“Karena ridho Allah ada pada ridho ibu, oleh karena itu tujuan pertama adalah pendidikan karakter. Harapannya, generasi mendatang memiliki akhlak dan budi pekerti lebih baik,” jelasnya.(sma/udi)

Baca juga :