Siap-Siap, Mulai Bulan Ini Dinkes Mojokerto Bakal Gelar Imunisasi Serentak Bagi Siswa SD

Foto : Ilustrasi Imunisasi Jenjang SD

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto akan menggelar program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), yang akan dimulai bulan Agustus hingga Desember 2019 mendatang.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, program imunisasi ini akan menyasar ribuan siswa baru jenjang SD, tujuannya untuk membentengi anak dari penularan penyakit menular.

Nur Hidayati, Kasi Surveilans Imunisasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Mojokerto mengatakan, pemberian vaksin serentak ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap saat tahun pelajaran baru. “ Sasarannya, seluruh siswa kelas I dan II SD,” terangnya.

Pemberian imunisasi ini digulirkan mulai Agustus ini, dan dilakukan oleh masing-masing wilayah puskesmas. Petugas kesehatan akan mendatangi lembaga sekolah secara bertahap.

Tapi, karena luasnya cakupan sasaran maka program imunisasi massal ini dilakukan hingga bulan Desember mendatang. “ Agustus ini kita prioritaskan untuk pemberian vaksin campak terlebih dulu,” tandasnya.

Kata Nur, pihaknya belum bisa menyebutkan berapa jumlah sasaran, karena sekarang pemberian imunisasi tengah berjalan di sekolah-sekolah. Setelah tuntas pemberian vaksin campak, petugas akan kembali menyisir untuk memberikan jenis vaksin Tetanus-Difteri (TD) serta Difteri-Tetanus (DT).

Dinkes menargetkan cakupan BIAS ini akan mencapai 95 persen. “ Jadi kita lihat intervalnya, vaksin terkahir itu kapan. Baru kita lakukan TD atau DT. Kalau campak seluruhnya kita berikan,” pungkasnya. (sma/adm)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :