Ngintip Jalan Kondom di Mojokerto, Seperti apa ya Masyarakatnya ?

Sejumlah tempat sering dijumpai dengan nama jalan yang beragam dan cukup unik, salah satunya di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, di Desa Kwedenkembar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto bisa dijumpai sejumlah nama jalan dengan nama alat-alat kontrasepsi. Seperti Jalan Kondom, Jalan Pil, Jalan IUD, Jalan Suntik hingga Jalan Implan.

Winarno, Kepala Desa Kwedenkembar mengatakan, jalan diberi nama seperti itu bukan tanpa sebab. “Nama jalannya berhubungan dengan alat kontrasepsi karena disini merupakan kampung KB (Keluarga Berencana) di Kabupaten Mojokerto,” katanya, Sabtu (31/8/2019).

Winarno yang juga Pembina Kampung KB menjelaskan, awalnya jalan-jalan di desanya itu tidak bernama. Namun sejak tahun 2017 muncul ide dan memberi nama jalan dengan nama alat-alat kontrasepsi, yang saat itu akan mengikuti lomba Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB). “Ide spontan saat rapat mau lomba PLKB tahun 2017 lalu,” katanya.

Menurutnya, penamaan jalan-jalan di desanya dengan nama alat-alat kontrasepsi tersebut, warga setempat semakin sadar manfaat KB. “Alhamdulillah hingga saat ini masyarakat banyak yang sudah ber-KB,” ujarnya. (sma/adm)

Berita Terkait :  Melihat Dari Dekat, Uniknya Masjid Majapahit di Trowulan Mojokerto
Baca juga :