6 Ton per Bulan, Mangga Harum Manis Jombang Diekspor ke Singapura

Propinsi Jawa Timur memiliki potensi luar biasa menjadi produsen sayur mayur dan buah-buahan. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan ekspor, para petani kewalahan.

Buah Mangga misalnya, dalam satu bulan permintaan buah mangga di Singapura mencapai 50 ton, namun yang terpenuhi hanya 6 ton. Artinya, peluang ekspor buah Mangga kr Singapura masih cukup besar.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, pada Sabtu (31/8/2019), Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian kembali melepas 6 ton mangga Harum Manis asal Jombang ke Singapura. Dengan total nilai ekonomi sebesar Rp174,4 juta rupiah.

Musyaffak Fauzi Kepala Karantina Pertanian Surabaya mengatakan, dari tahun ke tahun ekspor mangga mengalami kenaikan cukup signifikan dari tahun sebelumnya.

Kata Musyaffak, tahun 2018 ekspor mangga tercatat 1 ton, sedangkan tahun ini mencapai 6 ton. “Pada 2018 negara tujuannya Amerika oleh CV. Tawon Mas, sedangkan 2019 oleh CV. Buah Sejati ke Singapura,” ungkapnya.

Musyaffak juga mengatakan, tingginya permintaan buah mangga oleh Singapura menjadi peluang cukup besar bagi pengusaha atau petani termasuk generasi milenal untuk melakukan ekspor mangga ke Singapura.

Sementara Faisal eksportir dari CV. Buah Sejati mengatakan, untuk ekspor mangga ke Singapura, kali ini pihaknya bermitra dengan para petani mangga harum manis di Jombang. “Ke depan kita berharap dapat bermitra dengan petani di wilayah lain di Jatim. Sehingga permintaan ekspor Singapura yang mencapai 50 ton per bulan dapat terpenuhi,” katanya.

Faisal juga mengatakan bahwa pihak Karantina Pertanian Surabaya sangat mendukung kegiatan ekspor ini. Diantaranya dengan memberikan kemudahan pelayanan pada saat proses pemeriksaan dan sertifikasi mangga harum manis ini.

“Sertifikasi ini merupakan jaminan dari pemerintah bahwa mangga yang diekspor bebas dari lalat buah (Bactrocera dorsalis), sehat, dan aman dikonsumsi. Ini menjadi syarat dari Singapura yang harus dilengkapi,” terangnya.

Faisal mengungkapkan, ciri khas mangga harum manis adalah berbentuk jorong, berparuh sedikit dan ujungnya meruncing dengan pangkal buahnya berwarna merah keunguan dan bagian lainnya berwarna hijau. (sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :