Semua Jamaah Haji Asal Mojokerto Pulang ke Tanah Air, 1 Masih Tertinggal di Mekkah

INFORMASI HAJI 2019 KEMENAG KABUPATEN MOJOKERTO

Jamaah haji asal Kabupaten Mojokerto yang tergabung dalam kloter 84 Embarkasi Surabaya (SUB) sudah tiba di tanah air. Rombongan jamaah haji asal Kabupaten Mojokerto itu sudah tiba di pendapa Pemkab Mojokerto, Minggu kemarin (15/9/2019) dan kembali berkumpul bersama keluarga.

Mukti Ali, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Kemenag Kabupaten Mojokerto mengatakan, kloter 84 SUB mendarat di Bandara Juanda Minggu kemarin sekitar pukul 03.00 WIB. Rombongan yang tergabung bersama jamaah dari Bali dan NT itu lebih dulu menjalani rangkaian proses kepulangan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya selama 4 jam. “Alhamdulillah, sejumlah 81 orang dari kloter 84 kembali dengan utuh,” terangnya.

Kemudian, jamaah tiba di Pendapa Pemkab Mojokerto sekitar pukul 07.30 WIB. Mereka disambut tangis haru bahagia oleh keluarga. Kata Mukti Ali, sebanyak 7 kloter yang mengangkut sekitar 1.813 asal Kabupaten Mojokerto tuntas memulangkan jamaah dari Tanah Suci.

Tapi dari jumlah itu, 3 diantaranya meninggal dunia. Sedangkan 1 jamaah masih menjalani perawatan di Rumah Sakit An Noor, Mekkah. Jamaah itu bernama Ihya Ulumiddin (50) asal Desa Penompo, Kecamatan Jetis. “ Sebenarnya sudah akan ditanazulkan (digabungkan) ke kloter 84), tapi ternyata belum memungkinkan karena kondisinya belum dinyatakan layak terbang,” paparnya.

Menurutnya, jamaah yang tergabung dalam kloter 63 itu sebenarnya sudah dijawalkan pulang lebih dulu pada Minggu yang lalu. Namun, dia masih menjalani masa pemulihan pasca menjalani operasi hernia. (sma/adm)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :