Ngintip Pecinta Reptil asal Sidoarjo Raup Untung Puluhan Jutaan Rupiah

Hobi, selain bisa menimbulkan kesenangan juga bisa menghasilkan banyak uang, itu kalau kita mau mempelajari dari sisi bisnisnya.

Seperti yang dilakukan Muhamad Nurhuda warga Desa Jabaran RT 8/RW 3, Kecamatan Balongbendo Sidoarjo. Pecinta reptil ini bisa meraup jutaan rupiah bahkan puluhan juta rupiah dari aktivitasnya memelihara reptil.

Nurhuda mengatakan, dirinya menyukai hewan reptil sejak anak-anak hingga dewasa punya kegemaran memelihara hewan-hewan tersebut. Bahkan kini dia memiliki ratusan ular dari berbagi jenis reptil.

Koleksi reptil Nurhuda ada berbagai jenis, di antaranya, Tiger Sunfire, Cobra, Green insuularis, LS (lanang sapi), King koros, Ular kopi, Water bandet, Cincin mas, Biawak(salvaranus), Salvaranus jawa baby, Salvaranus melinus, Tegu, Tokek dan Gecko.

Selain itu, Nurhuda juga punya ular colubrid hingga ular retic atau biasa disebut sanca batik. “Awalnya sekedar hobi dengan hewan reptil terutama ular. Kemudian memelihara. Ternyata banyak masyarakat yang membeli,” ungkapnya.

Berita Terkait :  Ular Piton Sepanjang 3 Meter Ditemukan di SMPN 1 Gondang Mojokerto

Selain dijualbelikan, Nurhuda juga mengaku kerap melepas liarkan ular-ular tersebut. “Sebagian saya lepaskan, karena reptil ini sekarang hampir punah,” terangnya.

Sementara dari ratusan reptil piaraan Nurhuda ditawarkan dengan harga yang bervariasi, tergantung dari jenis, motif dan warnanya. Harga paling murah dipatok sebesar Rp 150 ribu dan yang paling mahal Rp 1,5 juta.

“Reptil ini kami jual secara offline juga online, rata-rata pembeli berasal dari Yogyakarta, Cianjur, Jakarta, Surabaya hingga luar Jawa,” terangnya.

Nurhuda juga mengaku, dari usaha ini bisa meraup untung sekitar Rp 5 hingga Rp 7 juta per bulannya, atau kalau dihitung per tahun bisa lebih dari Rp 50 juta.(sma/udi)

Baca juga :