Pemkot Mojokerto Raih WTP ke 5 Kali, BPPKA Apresiasi Semua OPD

Pemkot Mojokerto menerima penghargaan dari Pemerintah pusat atas perolehan capaian standar tertinggi atau opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018. Badan Pendapatan Pengelolahan Keuangan dan Aset (BPPKA) Pemkot Mojokerto turut memberi kontribusi besar capaian yang telah lima kali diraih ini.

Agung Moeljono, Plt Kepala BPPKA Kota Mojokerto mengatakan, pencapaian opini WTP) dari BPK adalah sebuah hasil yang patut disyukuri bersama. “Alhamdulillah dukungan semua OPD serta bimbingan ibu Wali kota sehingga kita meraih kembali opini WTP dari BPK RI.” ujarnya.

Hal itu bisa dicapai sepanjang instansi pengguna APBN maupun APBD bisa memenuhi kriteria yang ditetapkan BPK. “Pemeriksaan keuangan dimaksudkan untuk memberikan opini apakah laporan keuangan sudah disajikan secara wajar sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP),” tandasnya.

Sementara itu pemeriksaan kinerja itu bertujuan untuk menilai, apakah pelaksanaan suatu program atau kegiatan entitas sudah ekonomis, efisien, dan efektif. “Opini WTP diberikan dengan kriteria: sistem pengendalian internal memadai dan tidak ada salah saji yang material atas pos-pos laporan keuangan. Secara keseluruhan laporan keuangan telah menyajikan secara wajar sesuai dengan SAP, ” katanya

Ning Ita, Walikota Mojokerto saat berbincang dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah

sementara Ning Ita, Walikota Mojokerto berpesan, penghargaan WTP yang telah diraih untuk kelima kalinya ini, harus terus dipertahankan. Selain itu sebagai bentuk transparansi dalam penyajian laporan keuangan yang telah sesuai dengan standar akuntansi pemerintah.

Berita Terkait :  Walikota Mojokerto : Pengelolahan Aset Yang Baik Dapat Dongkrak PAD

“Sebenarnya, tujuannya bukan penghargaan. Karena, penghargaan itu merupakan bonus dari kerja keras yang telah dilakukan selama ini. Namun, dengan demikian semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi kami bersama untuk lebih, dan lebih lagi dalam meningkatkan kinerja dalam laporan yang bersih dan good goverment,” katanya.

Kota Mojokerto patut berbangga, karena menjadi satu dari 36 kabupaten/Kota se-Jawa Timur, yang masuk dalam penerima penghargaan WTP dari Kementerian Keuangan RI. Ini artinya, dari jumlah keseluruhan kabupaten/kota se-Jawa Timur yang mencapai 39, hanya ada tiga daerah yang belum mendapatkan predikat WTP. Sekedar informasi, penyerahan penghargaan WTP untuk Kota Mojokerto dari Mardiasmo, Wakil Menteri Keuangan diterima langsung Walikota Mojokerto Ika Puspitasari stay Ming It’s di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. (sma/ADV)

Baca juga :