Dorong Ciptakan Lowongan Kerja, Komisi IV DPRD Kab Mojokerto Study Banding ke Tangsel

Komisi IV DPRD Kabupayen Mojokerto menggelar Study Banding ke DPRD Kota Tangsel. Rombongan dipimpin H. Sopi’i, S.P. sebagai Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Mojokerto. “Agendanya terkait Pembahasan Raperda APBD TA. 2020 Bidang Kerja Ketenagakerjaan, Pendidikan dan Kesehatan,” terang politikus asal Fraksi Demokrat ini.

Rombongan dari Kabupaten Mojokerto diterima Kiblatulloh, Kepala Biro Hukum dan Perundangan, Sekretariat DPRD Kota Tangerang Selatan), Azwar Annas. “Kita sudah tahu, Kota Tangerang Selatan itu daerah perbatasan DKI Jakarta. Kota itu dinamikanya beda dengan di daerah. Dijelaskannya, angka pengangguran di Kota Tangerang Selatan termasuk terendah yang pertama di Banten,” jelas Kiblatulloh.

Menurutnya, pengangguran merupakan masalah klasik yang akan terus ada di tiap daerah. Namun, bukan berarti pihaknya berpangku tangan. Berbagai upaya terus dilakukan mengurangi angka itu. Salah satunya dengan membuat job fair dan membuka Balai Latihan Kerja (BLK) dengan tujuh bidang kerja, seperti montir, perhotelan, dan menjahit. Kedua upaya ini dinilai sukses menekan pengangguran.

“Para tenaga kerja asing ini, kebanyakan menjadi tenaga ahli. Bukan buruh kasar. Tetapi, kalau ada orang kita yang memang dianggap mumpuni untuk posisi itu, biasanya mereka pakai lokal” tutur Kibaltullah,

Dijelaskannya, para pengangguran di kota itu didominasi lulusan SMP, SMA/SMK, hingga sarjana. Tingginya angka pengangguran tidak berbanding lurus dengan jumlah lowongan kerja yang ada. Pemerintah memiliki PR menyediakan lapangan kerja bagi 70 ribu orang dan di Kota Tangerang banyak industri.

Selain membuka lapangan kerja, solusi untuk mengatasi pengangguran di Kota Tangerang Selatan adalah dengan entrepreneurship atau membuatkan program kewirausahaan untuk masyarakat banyak.

“Kami juga akan fokus pada program entrepreneurship untuk mengatasi persoalan pengangguran. Nanti di sekolah akan diberikan materi kewirausahaan, tapi sifatnya lebih ke workhsop” terangnya .

Aplikasi Siap Kerja Untuk Mencari Lowongan Pekerjaan sudah dipersiapkan dengan nama “Siap Kerja” sebagai wadah bagi para penganggur untuk mendapatkan informasi tentang lowongan kerja di Kota Tangerang Selatan yang mudah digunakan. “Aplikasi ini juga didukung dengan kolom jenis pekerjaan bagi para pelamar. Selanjutnya adalah dengan menyediakan BLK untuk mereka yang ingin menekuni keterampilan tertentu” pungkasnya.(sma/ADV)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :