Yoko Priyono Berpeluang Dapat Rekom Gerindra, Untuk Running Pilbup Mojokerto 2020

Yoko Priyono, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Mojokerto resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Mojokerto 2020 mendatang melalui partai Gerindra. Penyerahan formulir dan kelengkapan syarat pendaftaran tidak dilakukan oleh Yoko sendiri, namun melalui sahabat dekatnya yakni Mulyadi.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, Yoko Priyono berpeluang besar mengantongi rekomendasi Partai Gerindra. Sebab hingga jelang penutupan pengembalian formulir, Yoko jadi calon tunggal dalam perebutan rekom Pilbup 2020 dari Parpol besutan Prabowo Subianto tersebut.

Sujatmiko, Sekretaris DPC Gerindra Kabupaten Mojokerto mengatakan, proses penjaringan cabup-cawabup di Gerindra akan ditutup 15 November 2019 besok. Sedangkan, Yoko tercatat sebagai satu-satunya kandidat yang mengembalikan formulir. “Hanya Pak Yoko,” terangnya.

Padahal ada sejumlah tokoh yang mengambil formulir pendaftaran. Diantaranya, Wabup Pungkasiadi, Purwo Santoso, serta Kusnan Hariadi.

Menurut Jatmiko, untuk menentukan rekom, bukan menjadi kewenangan pengurus parpol di tingkat DPC. Sebab pengurus di tingkat daerah hanya bertugas melakukan penjaringan dan verifikasi berkas pendaftaran saja. “Setelah berkas dinyatakan lengkap, DPC langsung mengirimkan berkas itu ke tingkat DPD,” jelasnya.

Berita Terkait :  PDIP Mojokerto Laris Manis, 5 Nama Berebut Cawabup di Pilbup 2020

Di tingkat DPD Jatim, hanya bertugas sebagai verifikator atas berkas yang diteliti oleh DPC. “Semua kewenangan rekom, berada di meja DPP. DPC dan DPD hanya bertugas sebagai verifikator saja,” tegasnya.

DPP juga memiliki sejumlah pertimbangan untuk menentukan jatuhnya rekom. Diantaranya menurunkan tim khusus untuk memantau situasi politik di Kabupaten Mojokerto dan survei independen.

Survei yang dilakukan akan mengukur tingkat ketokohan seorang kandidat, hingga popularitas dan elektabilitas calon. “Setelah semua dilalui, barulah rekom akan turun ke calon,” tandasnya.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Yoko Priyono mengembalikan formulir pendaftaran melalui sahabat dekatnya yakni Mulyadi ke kantor Gerindra di Perum Pasinan Regency No.3 Kecamatan Mojoanyar, Mojokerto, Senin lalu (11/11/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.

Sebab saat ini Yoko masih berada di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umrah bersama keluarga besarnya. Diperkirakan pekan depan, dia baru kembali ke tanah air. (sma/adm)

Baca juga :