Dalam Dua Hari, Pemkot Mojokerto Raih Penghargaan Kota Sehat dan Cerdas

Pemkot Mojokerto lagi-lagi mendapatkan prestasi di tahun 2019 ini. Tak tanggung-tanggung, Pemkot mendapat penghargaan dua hari berturut-turut.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, penghargaan pertama yang diterima langsung oleh Achmad Rizal Zakaria, Wakil Walikota Mojokerto yakni penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019, yang digelar Institut Teknologi Bandung (ITB), di Bandung, pada Senin lalu (18/11/2019).

Kemudian giliran Ika Puspitasi atau Ning Ita, Walikota Mojokerto menerima penghargaan Kota Sehat kategori Swasti Saba Wiwerda yang diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Mendagri Tito Karnavian, di Jakarta, Selasa kemarin (19/11/2019).

Ning Ita mengatakan, dua penghargaan yang diterima Pemkot Mojokerto selama dua hari berturut-turut, merupakan hasil kerja keras dari semua pihak. Baik Forkopimda, OPD dan warga kota.

“Penghargaan ini adalah bukti dari kerja keras warga Kota Mojokerto, yang bersama-sama menjaga kondisi kota. Penghargaan ini, merupakan langkah awal kita semua untuk menjadikan Kota Mojokerto, mejadi kota yang lebih baik lagi,” terangnya.

Sekedar diketahui, penghargaan kota sehat atau Swasti Saba diberikan kepada 6 gubenur, 177 bupati/walikota dan tiga motivator dari Tim pembina yang aktif membina forum kabupaten/kota di wilayah provinsi untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat (KKS).

Ada tiga kategori penghargaan yang diberikan. Pertama, Penghargaan Padapa untuk kualifikasi pemantapan (dua tatanan). Kedua, Penghargaan Wiwerda untuk kualifikasi pembinaan (tiga tatanan). Dan ketiga, Penghargaan Wistara untuk kualifikasi pengembangan (lima tatanan).

“Kota Mojokerto, mendapatkan penghargaan kategori Wiwerda. Yang artinya, kota ini terus berkembang menjadi lebih baik setiap saat. Sesuai dengan visi-misi saya, maju melangkah ayo berbenah. Mari bersama-sama melangkah, mari bersama bergotong-royong membenahi kota kita tercinta,” jelas Ning Ita.

Sementara itu, untuk penghargaan RKCI Pemerintah Kota Mojokerto mendapatkan lima piagam penghargaan. Diantaranya, Rating Ekonomi Cerdas (Smart Economy), Rating Sosial Cerdas (Smart Social), Rating Lingkungan Cerdas (Smart Environment), Rating Keamanan dan Kebencanaan Kota (Safe & Secure Cities) dan Rating Kesiapan Integrasi atau Integration Readiness. (sma/adm)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :