Limbah Medis Ditemukan di Sungai, Diduga Berasal dari Puskesmas di Mojokerto, Benarkah ?

Limbah medis yang ditemukan dibuang di sekitar bantaran Sungai Dinoyo, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto, diduga berasal dari Puskesmas Jatirejo. Dugaan itu diperkuat dengan adanya temuan baru berupa ampul bekas infus di lokasi pembuangan sampah tersebut.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, seorang warga yang enggan disebutkan identitasnya menyebutkan bahwa limbah medis tersebut sengaja dibuang pihak Puskesmas ke bantaran sungai sejak beberapa tahun terakhir.

Bahkan, warga tersebut juag menyebut pihak Puskesmas Jatirejo memang menjadikan lokasi itu sebagai tempat pembuangan sampah. “Memang sering dibuang ke sini. Kalau dibilang limbah itu bukan dari puskesmas, tapi ada wujudnya,” ungkapnya. Kamis (12/12/2019).

Warga berusia 54 tahun ini juga mengaku sering kali mendapati petugas kesehatan Puskesmas Jatirejo, datang ke lokasi pembuangan sampah tersebut.

“Ya dari mana lagi coba, limbah medis itu yang punya hanya rumah sakit dan puskesmas. Kalau satu atau dua buah bisa jadi dari warga, tapi ini jumlahnya cukup banyak,” tambahnya.

Dugaan kalau limbah tersebut dari Puskesmas Jatirejo juga diperkuat dengan jenis limbah medis yang ditemukan tim Brigade Evakuasi Popok (BEP) itu. Menurut sumber di internal Pemkab Mojokerto, limbah tersebut memang berasal dari Puskesmas Jatirejo.

“Informasi yang saya terima, limbah itu dibuang petugas laboratorium, inisialnya Pr, dia PNS di puskesmas itu,” papar sumber tersebut.

Seperti diketahui, limbah medis tersebut berupa berupa jarum suntik, HIV Strip (alat tes HIV), botol penampung urine, dan botol obat-obatan yang ditemukan di bantaran sungai di kawasan Dinoyo Mojokerto.

Sementara itu, Sujadmiko, Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto ketika dikonformasi membantah jika limbah medis yang ditemukan di sungai Dinoyo itu berasal dari Puskesmas Jatirejo.

Hal itu dijelaskan setelah Dinkes mengklarifikasi kabar tersebut ke pihak puskesmas, pasca temuan limbah medis itu ramai diberitakan. “Saya konfirmasi ke Kepala Puskesmasnya. Dan katanya bukan dari Puskesmas. Jadi tidak benar berita tersebut,” katanya.

Sujadmiko juga mengatakan, dalam pengelolaan limbah medis, semua Puskesmas di bawah naungan Dinkes dan sudah melaksanakan sesuai dengan SOP dan bekerjasama dengan pihak ketiga dalam pengelolaan dan pembuangan limbah medis.(sma/udi)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :