Diterjang Angin Kencang, Pohon Raksasa Tumbang dan Puluhan Rumah di Mojokerto Rusak

Hujan disertai angin kencang melanda Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Selain mengakibatkan kerusakan pada rumah penduduk, kencangnya angin juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Dari data yang di terima dari Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto menyebutkan, angin kencang yang terjadi di Dusun Jatisari, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo, Mojokerto pada Kamis kemarin (19/12/19) sekitar pukul 18.00 WIB. Akibatnya 14 rumah hingga tempat ibadah dan fasilitas umum rusak.

M. Zaini, Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto mengatakan, hasil survey di lapangan terdapat 14 bangunan yang mengalami kerusakan, mulai tempat ibadah fasilitas umum hingga rumah penduduk.

“Ada juga sejumlah pohon berbagi jenis juga tumbang akibat angin kencang kemarin,” tuturnya.

Menurutnya, kerusakan rata-rata atap rumah. ” Pantauan dari radar BMKG Surabaya kecepatan angin di Kecamatan Kutorejo mencapai 35 Knot atau bisa di katakan kecepatannay mencapai 70 Km/jam,” ucapnya.

Sementara itu, Saiful Anam, Kepala Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kabupaten Mojokerto mengatakan, hujan disertai angin kencang yang terjadi di Kecamatan Kutorejo menyebabkan beberapa pohon dengan ukuran besar tumbang.

Seperti jenis beringin dengan diameter sekitar 1,2 meter di Dusun Sambigeneng, Desa Kertosari, Kecamatan Kutorejo yang menimpa gapura dusun dan memutus kabel listrik. Selain itu terdapat dua pohon tumbang di Dusun Wonokerto dan Dusun Tambaksari.

“Di sana, pohon tumbang sempat menimpah warung es tebu dan menghalangi jalan serta menimpah kabel penerang lampu jalan,” terangnya.

Selama proses evakuasi, warga bersama potensi relawan Mojokerto serta petugas dari PUPR sempat kesulitan lantaran besarnya pohon yang tumbang.

“Proses evakuasi kita gunakan empat gergaji mesin, sampai pukul 00.00 WIB evakuasi belum selesai karena besarnya pohon,” jelasnya.

Meski tidak sampai menelan korban jiwa, hujan disertai angin kencang yang terjadi di Kecamatan Kutorejo pada Kamis kemarin (19/12/19) mengakibatkan kerugian material. (sma/adm)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :