Aksi Peduli Lingkungan Dengan Tanam Pohon Bersama, Ini Pesan Bupati Mojokerto

Dalam rangka aksi peduli lingkungan di RPH Claket, Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Pungkasiadi Bupati Mojokerto menyerukan penanaman pohon. Sebab fakta membuktikan jika satu batang pohon menghasilkan oksigen bagi satu orang.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, kegiatan tanam pohon itu dilakukan bersama beberapa unsur, seperti Forkompida (Kapolres Mojokerto, Komandan Kodim 0815), Kepala BPBD Mojokerto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Nganjuk, Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto, Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah, Pengasuh Ponpes Fachul Ulum, Forkopimca, OPD terkait, dan anggota Pramuka.

Pungkasiadi mengatakan, fungsi pohon juga bisa mencegah resiko bencana dan menyimpan cadangan air.

“Dari segi ekologi pohon dapat mencegah dan mengurangi resiko bencana, juga penyimpan cadangan air. Minimal satu batang pohon, bisa mencukupi oksigen satu orang. Selain itu, pohon sarat manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar,” terangnya, Kamis pagi (16/01/2020).

Dia juga mengingatkan untuk mengembalikan fungsi hutan sebagaimana kodratnya. Menurutnya keseimbangan alam yang terjaga, akan memberi manfaat lebih bagi kehidupan manusia.

“Beberapa bencana alam disebabkan hutan yang tak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Pengatur tata air kita rusak. Padahal masih ada generasi mendatang, yang juga ingin menikmati manfaat hutan. Saya mengapresiasi kegiatan kali ini, dimana kita bisa melakukan tindakan kecil namun bisa memberi manfaat besar untuk kelangsungan hidup,” bebernya.

Pung juga mengucapkan terima kasih pada Perhutani, jajaran Kodim, para tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda serta semua pihak yang terlibat. (sma/adm)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :