Diterjang Hujan Deras, Jalur Pacet – Trawas Longsor, Ponpes AU Dapat Banjir Kiriman

Hujan lebat yang terjadi di wilayah Pacet Mojokerto pada Jum’at (07/02) sore membuat tebing di jalur penghubung Pacet – Trawas mengalami longsor. Akibatnya Jalur Wisata tersebut ditutup total dua arah, karena tertutup Batu besar dan material.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, bencana longsor terjadi di Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet Mojokerto, sekitar pukul 15.00 WIB, setelah Pacet diguyur hujan selama dua jam.

Umbar Mulyadi, Kepala Desa Claket mengatakan, hujan deras terjadi sejak pukul 13.00 WIB hingga berlangsung dua jam. “Ya tadi memang hujannya cukup deras sejak pukul 13.00 WIB, sampai sore, sekitar pukul 15.00 WIB longsor ini baru terjadi,”ungkapnya.

Umbar Mulyadi juga mengatakan, longsor terjadi pada tebing setinggi 10 meter dengan lebar 10 meter, dan membuat akses jalan penghubung antara Pacet – Trawas Mojokerto dipenuhi material tanah dan bebatuan hingga menutup jalan.

Sementara M Zaini, Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto mengatakan, proses pembersihan material longsor masih berlangsung. Namun, membutuhkan alat berat untuk mengangkut material batu besar yang menutup jalan.

“Jalur Trawas – Pacet masih ditutup total, kita masih menunggu alat berat dari Dinas PUPR. Insya Allah malam ini kita selesaikan,” ungkapnya, Jum’at (07/02/2020).

Zaini juga mengatakan, selain longsor di kawasan Claket, Beberapa lokasi di Pacet juga terjadi banjir. Namun air hanya lewat dan cepat surut. “Memang banjir, tapi karena dataran di Pacet kan menurun, jadi airnya cepat habis,” tambahnya.

Sementara banjir juga terjadi di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Kembang Belor, Pacet yang mendapat kiriman air dari tebing hingga masuk ke garasi hingga ruang kelas.

“Di Ponpes Amanatul Ummah memang terjadi banjir, air masuk garasi dan ruang kelas. Beberapa mobil penjemput dan sepeda motor terendam. Namun sekarang air sudah surut dan ruang kelas juga sudah bersih,” terangnya.

Zaini juga menghimbau agar warga selalu berhati-hati, karena cuaca ekstrim masih berpotensi terjadi di Mojokerto. Seperti bencana longsor yang terjadi Jumat hari ini (07/02) di beberapa lokasi, seperti di Claket, Jalan Desa Cempokolimo dan di bantaran sungai Kali Kromong, Pacet Mojokerto.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :