Dua Lokasi di Mojokerto Longsor, Batu-Batu Besar Berjatuhan Tutupi Jalan

Bencana longsor kembali terjadi di Mojokerto, kali ini menimpa dua lokasi di kawasan jalan Trawas – Pacet. Material berupa batu besar menutupi jalan.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, bencana longsor kni terjadi Senin (9/3/2020), tepatnya di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. BPBD pun menerjunkan alat berat milik Dinas PUPR untuk mengevakuasi Batu-Batu besar yang menutupi jalan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, ada dua lokasi di Desa Claket yakni di Dusun Claket dan Sembung. “Di Dusun Claket terjadi pukul 00.00 WIB, sementara di Dusun Sembung terjadi pukul 08.00 WIB,” ungkapnya. 

Masih kata Zaini, berdasarkan  pantauan aplikasi Raindart BMKG Juanda, wilayah Hulu, khususnya wilayah Pacet terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada, Minggu (8/3/2020). Hujan terjadi pukul 14.00 WIB hingga 21.00 WIB sehingga mengakibatkan tanah longsor 

“Akibat tanah longsor tersebut lalu lintas terganggu, dikarenakan separuh bahu jalan tertutup oleh material longsor berupa batu dan tanah. Namun Jalan Trawas-Pacet masih bisa dilalui kendaraan roda empat dan roda dua. PUPR menerjunkan alat berat untuk evakuasi longsor,” katanya. 

Selain koordinasi dengan PUPR Kabupaten Mojokerto, assesment dan kaji cepat, lanjut Zaini, pihaknya juga berkoordinasi dengan Taman Hutan Raya (Tahura) dan Perhutani.

Sepanjang awal tahun 2020, setidaknya di lokasi yang sama terjadi beberapa kali bencana banjir dan longsor.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :