Siapkan Rp 5 Miliar, Pemkot Mojokerto Bongkar Balai Kota Ubah Jadi Majapahitan

Foto : Pendapa Graha Praja Wijaya Kota Mojokerto saat proses pembongkaran

Pendapa Graha Praja Wijaya yang berada di komplek kantor Walikota Mojokerto di Jalan Gajah Mada Nomor 145, bakal disentuh pembangunan ala Majapahitan.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, Pendapa Graha Praja Wijaya tersebut, saat ini telah dibongkar rata dengan tanah. Dalam waktu dekat akan dilakukan pembangunan dengan pagu anggaran mencapai Rp 5 miliar.

Mashudi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kota Mojokerto mengatakan, dokumen perencanaan pembangunan pendapa tersebut sudah selesai, sehingga siap disorong ke meja lelang. “Sudah siap, tinggal berangkatkan saja ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk bisa ditayangkan segera,” jelasnya.

Menurutnya, sesuai perencanaannya, pendapa Graha Praja Wijaya akan dirombak dengan konsep ala Majapahitan. Selain itu gedung baru nanti juga dibangun jadi dua lantai.

Dia juga menjelaskan, bangunan baru nanti akan tetap difungsikan sebagai pendapa. Namun, akan lebih diefektifkan menunjang kegiatan internal Pemkot. Sehingga nanti lanta bawah akan didesain dengan bangunan terbuka. “Supaya digunakan tamu-tamu saat upacara dan kegiatan-kegiatan lain yang bersifat terbuka,” tandasnya.

Sedangkan lantai atas akan difungsikan sebagai ruang rapat maupun pertemuan tertutup. Pendapa juga akan dihubungkan dengan kantor Walikota yang berada tepat disisi timur.

Proyek pembangunan itu akan dijatah pagu anggaran sekitar Rp 5 miliar. Jika proses lelang berjalan sesuai rencana, pengerjaan fisik paling lambat dilakukan mulai Mei mendatang. Sedangkan proses pengerjaan membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan. Sehingga pendapa baru nanti ditarget selsai pada bulan Agustus sampai September mendatang. (sma/adm)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :