Rambut Tetap Indah Meski Berhijab, Begini Cara Perawatannya


Memiliki rambut yang indah dan terawat pasti menjadi impian semua orang terutama perempuan. Hal ini juga berlaku bagi perempuan yang menggunakan jilbab.

Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara perawatan rambut untuk perempuan berhijab agar tidak lepek dan tetap terawat meskipun rambut tertutup oleh hijab.

1. Sisir Rambut Sebelum Keramas

Kamu yang menggunakan jilbab pasti akan mengikat rambutmu. Nah, menyisirnya sebelum keramas berguna untuk mencegah kekusutan terjadi sehingga rambut tetap mudah diatur setelah dicuci. Tipsnya, gunakanlah sisir bergigi jarang saat menyisir. Sisir jenis ini dapat memisahkan tiap helaian rambut dengan sempurna.

2. Gunakan Produk Perawatan Yang Tepat

Meski tertutup, bukan berarti kamu bisa menggunakan produk yang sembarangan lho. Tetap pilih produk perawatan yang sesuai dengan jenis rambut dan kuit kepala, agar kesehatan dan kebersihannya tetap terjaga. Pastikan juga kamu selalu menggunakan kondisioner dan masker rambut agar rambutmu tetap halus.

3. Keringkan Rambut Sebelum Menggunakan Hijab

Rambut yang lembap akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan membuat rambut menjadi lepek. Maka dari itu, sehabis keramas, pastikan kamu mengeringkan rambut dengan sempurna sebelum menggunakan jilbab.

4. Jangan Ikat Terlalu Erat
Ternyata mengikat rambut terlalu erat bukanlah cara merawat rambut yang tepat karena menyebabkan kerontokan yang bisa terjadi untuk jangka panjang. Penting juga untuk dicatat bahwa mengikat rambut dengan cara yang sama setiap hari akan menyebabkan kerusakan rambut. Alih-alih pengikat rambut atau aksesoris elastis.
Berita Terkait :

5. Rutin keramas

Seberapa sering keramas juga sangat bergantung pada jenis rambut. Jika memiliki rambut lurus, maka dapat keramas setiap hari, tetapi gunakan kondisioner setiap 4 hingga 5 hari. Tapi kamu yang memiliki rambut bergelombang atau keriting dapat keramas 3 kali seminggu.

6. Rutin Menggunakan Masker Rambut

Masker rambut menjadi salah satu alternatif perawatan. Biasanya dilakukan ketika selesai keramas atau mandi, lalu membungkus rambut dengan handuk hangat. Carilah masker rambut sesuai jenis rambut kamu, agar hasilnya maksimal dan lakukan secara rutin.

7. Gerai Rambut Ketika Tidak Memakai Hijab

Ketika sedang berada di rumah, lepaslah jilbabmu dan biarkan rambutmu bernapas lega. Menggerai rambut juga jadi pilihan yang tepat agar rambut dan kulit kepala bisa merasa rileks.

8. Pilih bahan hijab yang bersahabat dengan kulit
Wajib bagi setiap perempuan memahami kain apa yang harus ia gunakan untuk hijabnya. Cobalah untuk menggunakan kain yang ramah kulit yang memiliki jalur keluar-masuk udara.
Jika memungkinkan, cobalah untuk memakai serat alami yang ringan. Bahan alami yang lembut pada rambut kamu dan akan memungkinkan rambut kamu untuk bernapas lebih baik. Kain chiffon atau katun, misalnya. Hijab katun akan memberikan lebih banyak udara ke kulit kepala kamu sambil sekaligus tetap menjaga rambut kamu tertutup.

Saat cuaca panas, gunakan jilbab berkain tipis dan adem. Di hari-hari yang dingin, tak jadi masalah apa pilihan jilbab kamu tapi ingat untuk menghindari memakai jilbab hitam selama hari-hari panas karena hitam bersifat menyerap panas.

9. Makan makanan kaya asam amino dan protein

Rambut rusak juga bisa menandakan kesehatan tubuh yang tidak optimal. Pastikan kamu menjalani pola makan seimbang dengan makan makanan sehat setiap hari, terutama sumber makanan kaya protein dan zat besi, seperti salmon, kenari, telur, dan bayam.

Nutrisi yang kamu ambil dalam setiap hari membantu untuk membentengi dan memelihara setiap helai rambut kamu.

Itu tadi sembilan tips yang bisa kamu coba agar rambutmu tetap sehat dan indah meski menggunakan jilbab. Semoga bermanfaat yaaa !! (Putri)
Baca juga :