159 Guru PNS di Mojokerto Belum Melek IT

Meskipun berstatus PNS, ratusan guru dari lembaga TK/SD/SMP negeri di Kabupaten Mojokerto ternyata belum melek Informasi Teknologi (IT). Hal itu karena banyak dari mereka sebelumnya juga dinyatakan tidak lulus sertifikasi.

Nanang Suwantoro, Kabid Tenaga Pendidikan dan Kependidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto mengatakan, mereka pernah ikut tes sertifikasi namun gagal. “Pernah ikut tes, tapi tidak lulus, karena pengetahuan IT-nya minim,’’ terangnya.

Kata Nanang, guru PNS yang sudah menyandang sertifikasi tercatat mencapai 3.911 orang. Mereka diantaranya guru TK sebanyak 244 orang, guru SD sebanyak 2.585 orang, dan SMP mencapai 1.082 orang.

Sedangkan 159 guru PNS yang belum mengantongi sertifikasi yakni guru TK 3 orang, SD 139 guru, dan SMP 17 guru. “Mereka berasal dari sekolah negeri semua. Kalau swasta kami tidak menghitungnya,” katanya.

Menurutnya, Dinas Pendidikan akan memberikan pelatihan tentang melek IT. Pelaksanaannya sebelum ratusan guru itu resmi mengikuti tes IT kembali di tingkat pusat. Karena untuk saat ini ujian sertifikasi yang diberikan Kemendikbud, sifatnya sudah dibuka melalui sistem online.

Masih kata Nanang, sebenarnya kalangan guru yang masih belum melek IT, mayoritas dari pendidik yang sudah menginjak usia pensiun atau Masa Persiapan Pensiun (MPP). Tapi karena mereka masih berharap untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi, akhirnya tetap akan mengikuti tahapan tes sertifikasi. (adm/ats)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :