SD Negeri di Jombang Hanya Dapat 2 Murid Baru, Begini Ceritanya

Di Kota Santri Jombang ada  Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang hanya kedatangan siswa baru hasil PPDB tahun 2019. Lembaga pendidikan dasar ini adalah SDN Sumberaji II, di Dusun Ngapus, Desa Sumberaji, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, kedua siswa baru adalah anak yang tinggal di dusun tersebut. Dan kekurangan siswa ini merupakan masalah yang sudah terjadi dari tahun ke tahun.

Surati Kepala SDN Sumberaji II mengatakan, tahun ini jumlah siswa sebanyak 12 anak. Dari kelas yang tersedia, tahun ini hanya terisi untuk kelas 1, 4 dan kelas 5. Sedangkan untuk kelas 2, 3 dan 6, tidak ada muridnya sama sekali. ” Totalnya 12 anak. Kelas 1, 2 anak, untuk kelas 4 ada 4 anak, dan kelas 5 ada 6 anak,” katanya.

Kata Surati, tahun ini pihaknya kedatangan 2 anak sebagai murid baru, kondisi berbeda terjadi pada 2 tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 dan 2018, SDN Sumberaji II tidak mendapatkan murid baru sama sekali. “Kalau tahun ini ada 2 murid baru, satu laki-laki dan satu perempuan. Keduanya anak dari sini (Dusun Ngapus),” terangnya.

Menurutnya, faktor pertumbuhan jumlah penduduk di Dusun Ngapus mempengaruhi tingkat penerimaan siswa. Belum lagi lokasi Dusun Ngapus terletak cukup terpencil di banding wilayah lainnya. “Jumlah penduduk di sini kan terbatas. Terus jarak dengan dusun lainnya juga lumayan jauh. Jarak SDN Sumberaji II dengan SDN Sumberaji I, sekitar 5 kilometer,” ujar Surati.

Baca Juga :  Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Siapkan Rotasi Guru, Ini Tahapannya

Masih kata Surati, letak Dusun Ngapus memang cukup terpencil. Wilayah permukiman dengan jumlah penduduk 42 Kepala Keluarga (KK) ini berada di kawasan hutan Tingan, atau berada di wilayah perbatasan antara Kabupaten Jombang dengan Lamongan. Wilayah ini juga berada di kelilingi hutan dan lahan tegalan. (sma/adm)

Baca juga :