Mulai Beroperasi, Bus Jurusan Mojoagung – Wonosalam Diujicoba Gratis

Kawasan wisata Wonosalam Jombang dianggap sebagai kawasan yang berpotensi untuk diramaikan. Kini, di jalur menuju kawasan pegunungan Jombang ini disediakan moda transportasi berupa bus mini yang dilengkapi AC untuk melayani rute Mojoagung – Wonosalam, Jombang.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, trayek baru bus DAMRI ini merupakan program dari Kementrian Perhubungan yang bekerjasama dengan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XI Jawa Timur.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang, Imam Soedjianto mengatakan, angkutan baru ini sudah mulai beroperasi Selasa (16/7), dan selama satu minggu akan digratiskan sebagai salah satu upaya sosialisasi.

“Selama satu minggu ini gratis, kemudian nanti tarifnya akan di subsidi dari pemerintah. Dan untuk tarif nantinya yang menentukan bukan dari kami,” ujarnya.

Imam juga mengatakan, bersasarkan pertimbangan pemerintah pusat, kawasan Wonosalam termasuk daerah wisata, sehingga kepedulian pemerintah pusat pada kabupaten Jombang untuk memberikan fasilitas transportasi angkutan umum pedesaan berupa dua bus mini.

Baca Juga :  Buang Sampah di Terminal Mojokerto, Kendaraan Bakal Ditilang

Bus DAMRI ini, beroperasi secara silang. Satu armada akan berangkat dari terminal Mojoagung menuju Wonosalam, dan satu armada lagi beroperasi sebaliknya.

“Kami masih menyesuaikan dalam arti trip yang pertama diharapkan pagi untuk mengangkut anak sekolah dan pedagang, dari arah Mojoagung ke Wonosalam, dan sebaliknya, Nanti trip ke dua dilakukan siang hari pada waktu pulang sekolah atau pada waktu pedagang itu pulang,” terangnya.

Imam juga mengakui bahwa sarana jalan dari Wonosalam menuju Mojoagung masih dianggap kurang memadai. Untuk itu pihaknya meminta pada driver bus DAMRI agar selalu mengutamakan keselamatan penumpang. “Saat ini sedang direncanakan oleh Pemkab Jomban di tahun 2019 dan 2020 akan ada pelebaran jalan untuk.mewujudkan Wonosalam menjadi area wisata,” pungkasnya.(sma/udi)

Baca juga :