Cuaca di Mekah Mencapai 45 Derajat, CJH Mojokerto Diimbau Banyak Minum Air Putih

Foto : Ilustrasi Jamaah Haji di Arab Saudi

Sesuai prediksi, suhu panas di mekah dan madinah Arab Saudi saat ini mencapai 42 sampai 45 derajat celsius. Ukuran yang sangat panas jika dibandingkan cuaca di Indonesia dikisaran antara 36-39 derajat celsius.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, suhu panas ini secara otomatis akan mempengaruhi kondisi fisik para Jemaah Calon Haji (JCH), terutama saat menunaikan serangkaian ibadah. Untuk itu mereka dihimbau selalu jaga kesehatan, terutama memperbanyak konsumsi air putih.

Barozi, Kepala Kemenag Kabupaten Mojokerto mengatakan, para jamaah disarankan untuk selalu jaga kondisi fisik, mengingat cuaca panas di arab saudi. “ Ya memang terkendala soal cuaca. Yang konon mencapai 45 derajat celsius. Kami sarankan jamaah agar terus menjaga kondisi kesehatan,” terangnya.

Baca Juga :  27 Ribu warga Mojokerto Masuk Daftar Antrean Haji, Pendaftar Baru Tunggu 25 Tahun

Menurutnya, para jamaah harus memperbanyak konsumsi air putih demi menjaga metabolisme tubuh, serta meminimalisir aktifitas diuar pemondokan atau hotel yang bukan kategori rukun ibadah haji. “ Sudah kami berikan imbauan agar tidak banyak aktifitas outdoor. Termasuk juga minum air putih dan kita beri botol sprai agar wajah tidak lembab,” imbaunya.

Sekedar informasi, dari sekitar 1800 lebih JCH yang diberangkatkan ke tanah suci tahun ini, 1.009 jamaah asal Kabupaten Mojokerto diantaranya dinyatakan beresiko tinggi (risti). Penyakit asma ternyata paling mendominasi, serta disusul usia lanjut (lansia) dan hipertensi. (adm/ats)

Baca juga :