CJH Mojokerto Pun Ikut Berburu Zamzam Pakai Botol di dalam Masjidil Haram

Jamaah haji dari berbagai dunia tidak akan melewatkan air zamzam setelah beribadah umrah dan haji. Jamaah haji yang hadir setiap hari di Masjidil Haram yang jumlahnya selalu padat merayap dapat diyakini meminum air zamzam saat masuk dan keluar masjid.

Air zamzam menjadi pilihan utama bagi semua jamaah yang berkunjung di Masjidil Haram, Makkah. Pihak masjid menyediakan air Zamzam dengan kran mulai dari pintu masuk gerbang hingga didalam masjid.

Ketika pulang ke rumah banyak jamaah sengaja menyediakan botol-botol air mineral dengan berbagai ukuran, untuk diisi air zamzam asli dari kran yang disediakan. Setiap melaksanakan shalat lima waktu, jamaah berburu air zamzam untuk disimpan dalam botol air mineral.

Jumlah jamaah yang memasuki bulan haji hingga Senin (28/7/2019) semakin membeludak, terutama dari Indonesia. Apalagi kalau jamaah asal Tanah Air setiap ke masjid selalu membawa kantong plastik berisi botol-botol air mineral kosong. Setelah shalat botol-botol sudah penuh dengan air zamzam.

Wijaya, seorang jamaah dari Mojokerto berencana membawa botol-botol kemasan berisi air mineral. Sebanyak 2 botol ukuran 600 mililiter untuk diminum selama tinggal di hotel. “Saya sengaja menyediakan setiap pergi shalat ke masjid bawa satu-dua botol untuk diisi air zamzam,” ujarnya .

Berita Terkait :  Tiga Jamaah Haji Mojokerto Meningal, 1 Masih Dirawat di RS Arab Saudi

Berburu air zamzam baik di Makkah di keran air baik di dalam maupun luar masjid untuk jamaah umrah lainnya, berbeda lagi. Dia ingin berburu air zamzam khusus yang berada dalam gentong di dalam masjid dengan berbagai alasan yang dibuatnya.

“Kalau di dalam masjid di dalam gentongnya boleh jadi asli dari sumurnya, tapi kalau yang di luar belum tentu karena bebas mengambilnya,” katanya.

Di Masjidil Haram, Makkah, jamaah mengambil air dimasukkan ke dalam botol selalu kucing-kucingan dengan askar yang berjaga dan berpatroli di dalam masjid.

Para jamaah yang akan mengambil air zamzam telah membawa kantong berisi botol didahului dengan minum pakai gelas. Setelah aman dari petugas, mereka memasukkan air dalam gelas dimasukkan ke botol satu tas.

Zamzam Sabeel adalah tempat penampungan air zamzam di belakang Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Jamaah bisa minum sepuasnya, bahkan juga digunakan untuk wudlu. (sma)

Baca juga :