Misterius, Bau Menyengat dan Asap Mengepul dari Tanah Warga di Jombang

Sebidang tanah milik warga di Jombang tiba-tiba mengeluarkan asap. Selain itu di tempat keluarnya asap juga muncul bau menyengat, serta suhu yang lebih panas dibandingkan wilayah sekitarnya.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, fenomena itu terjadi pada tanah milik warga di Dusun Gedangan, Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Hanafi, warga setempat mengatakan, keluarnya asap itu diketahui pada Minggu malam (13/10/2019). Awalnya, sejumlah warga mencium bau menyengat. Kemudian Senin pagi (14/10/2019), Hanafi dan beberapa warga mengecek ke sumber bau.

Ternyata, bau itu berasal dari pekarangan di barat rumahnya. Pekarangan kosong itu milik dari kerabat Hanafi.

Tanah yang mengeluarkan asap dan bau menyengat berada di sisi selatan, tepat pada sisi utara pagar pekarangan yang berfungsi sebagai pembatas jalan. Titik yang mengeluarkan asap dan bau menyengat itu berada di sekitar tiang listrik. “Dari tadi malam keluar asap, baunya seperti bau tebu terbakar,” katanya.

Berita Terkait :  Heboh, Ternyata ini Penyebab Bau Menyengat dan Asap Mengepul dari Tanah Warga di Jombang

Hanafi mengaku, pihaknya belum mengetahui penyebab keluarnya asap dan bau menyengat di pekarangan barat rumahnya.

Menurutnya, riwayat tanah itu merupakan tanah yang memiliki kondisi berbeda daripada tanah di sekitarnya. Selama ini sulit ditumbuhi tanaman, padahal tanah di sekitarnya dalam kondisi subur.

“Dulu enggak bisa ditanami apa-apa. Seperti tanah mati. Dulu di bawahnya tanah pasir,” kata Hanafi.

Warga sekitar merasa penasaran dengan keluarnya asap misterius tersebut. Beberapa warga tampak mendatangi lokasi dan mengorek tanah yang mengeluarkan asap. (sma/adm)

Baca juga :