Patung Gajah Mada Tertinggi se Indonesia di Mojokerto Hampir Selesai, Segera Diritual

Pembangunan patung Mahapatih Gajah Mada yang terbesar dan tertinggi di Indonesia dibangun di kawasan Mojokerto. Kini, proses pembangunannya sudah rampung dan tinggal finishing saja.

Dari pantauan suaramojokerto.com, pembangunan arca tersebut penyelesaiannya sudah mencapai 95 persen. Tahap selanjutnya tinggal memberi lapisan agar lebih terlibat indah kemudian dilanjutkan prosesi ritual Jelang peresmian.

Mulyono, pemilik Wisata Desa yang membangun patung Mahapatih Gajah Mada mengatakan, rencananya patung Maha Patih Gajah Mada yang dibangun sejak tahun 2016 itu akan diresmikan pada bulan Mei tahun 2020.

Namun, sebelumnya akan dilakukan prosesi ritual oleh para Raja Nusantara pada bulan Desember 2019 yang dihadiri para keluarga kerajaan dari Bali hingga Cirebon.

“Ini sudah selesai, tinggal melapisi saja. Setelah itu, nanti di tanggal 8 Desember akan dilakukan semacam ritual oleh para Raja Nusantara, kemudian dibungkus kain warna kuning,” ungkapnya.

Mulyono juga mengatakan, patung Maha Patih Gajah Mada ini akan dibungkus kain hingga peresmian yang direncanakan pada bulan Mei 2020. “Ini patung Maha Patih Gajah Mada terbesar se Indonesia. Para Raja Nusantara ingin yang meresmikan pak Presiden. Rencananya sin tangal 26 Mei 2020,” tambahnya.

Sementara arca yang dibangun di depan Wisata Desa Bumi Mulyojati Mojopahit, Desa Randugenengan, Kecamatan Dlanggu, Mojokerto ini memiliki kontruksi 32 meter.

Dimulai dari pondasi 9 meter, Tumpuan arca 6 meter dan patung berdiri 17 meter. “Semua itu sesuai proses ritual, yang artinya 9 itu adalah angka baik, 6 itu mendakan keimanan sesuai rukun iman dan 17 itu sesuai dengan jumlah rokaat shalat,” jelasnya.

Mulyono berharap, dengan selesainya pembangunan Patung Maha Patih Gajah Mada di Mojokerto. Selain menjadi ikon sejarah kerajaan Majapahit, juga bisa membawa kebaikan bagi semua masyarakat.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :