Polres Mojokerto Resmikan Satpas Ngopi Sanika, Bisa Perpanjang SIM dan STNK Sambil Ngopi

Untuk mempermudah pelayanan masyarakat, Polres Mojokerto memberikan inovasi dengan cara kekinian.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, inovasi layanan publik itu bernama Samsat dan Satpas Ngopi Sanika Satyawada, yang berada dikawasan Ngoro Persada Industri (NIP), Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Layanan itu berbentuk bangunan bergaya ala cafe. Disana warga Mojokerto bisa membayar pajak kendaraan atau memperpanjang SIM sambil Ngopi.

AKBP Setyo Koes Heriyatno, Kapolres Mojokerto mengatakan, pelayanan publik dengan desain ala cafe ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat. “Kami ingin memberi pelayanan terbaik dengan menyuguhkan suasana dingin dan nyaman,” ujarnya, usai meresmikan Samsat dan Satpas Ngopi Sanika Satyawada, Senin (04/11/19).

Ada tiga sarana pelayanan publik yang diresmikan, antara lain Samsat dan Satpas Ngopi, gedung pelayanan publik dan barak Pengendalian Massa (Dalmas).

Menurutnya, Samsat dan Satpas Ngopi Sanika Satyawada memang sengaja ditempatkan dikawasan Intiland Ngoro Industri Persada. Sebab ada berbagai perusahaan degan jumlah karyawan kurang lebih 25 ribu orang. Sehingga NIP dirasa menjadi lokasi yang tepat.

Apalagi selama ini banyak masyarakat sekitar atau para pekerja merasa kesusahan dalam mendapatkan pelayanan kepolisian dalam hal Perpanjangan SIM dan pembayaran pajak kendaraan.

Kapolres mengatakan, dengan adahya Samsat dan Satpas Ngopi Sanika Satyawada, maka masyarakat bisa mendapatkan sejumlah pelayanan kepolisian.
Mulai dari mengurus SKCK, izin keramaian, surat keterangan bebas narkoba, hingga perpanjangan SIM dan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Berita Terkait :  Seperti Ujian SIM C, Abang Becak di Mojokerto pun Beraksi

Warga dari luar Kabupaten Mojokerto pun juga bisa memperpanjang SIM dan membayar pajak kendaraan di tempat ini.

“Ini adalah bentuk pelayanan terbaik dari kami kepada masyarakat. Kami harap dapat membantu masyarakat agar lebih udah mengurus surat-surat Kepolisian. Kita coba kasih layanan yang jemput bola,”tuturnya.

Sementara itu, Pungkasdi, Wakil Bupati Mojokerto mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Polres Mojokerto dalam meningkatkan pelayanan publik.

“Perbaikan pelayanan publik khususnya pada instansi Pemerintah saat ini sangat berimplikasi terhadap tingkat kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah. Pelayanan prima sangat ditunggu masyarakat. Maka kita sebagai pelayan publik harus semaksimal mungkin melayani, dan berharap dengan inovasi ini, masyarakat bisa lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan dari kepolisian,” terangnya.

Dalam proses peresmian Samsat dan Satpas Ngopi Sanika Satyawada kali ini, Pita launching digunting oleh Wabup, Kapolres Mojokerto, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuhroh, serta Kepala Kejaksaan Negeri Mojokerto Rudy Hartono, Senin siang (04/11).

Acara ini juga dihadiri Forkopimda, Kepala Cabang Kantor Jasa Raharja Mojokerto, OPD, Ketua PCNU Mojokerto, serta Forkopimca Kabupaten Mojokerto. (sma/adm)

Baca juga :