Pidato Mendikbud Nadiem Makarim Viral di Medsos, Ini Teks Pidatonya

Sosok menteri milenial di Kabinet Jokowi, yakni Mendikbud Nadiem Makarim memang selalu menjadi perbincangan publik di sosial media. Bahkan, pidatonya di Hari Guru juga menjadi viral.

Seperti apa pidato Nadiem Makarim, tentang pendidikan ini ?, Berikut fakta-faktanya yang dikutip dari catatan detik.com

Pertama :
Pidato Nadiem Makarim di Hari Guru mencapai dua halaman, yang mengangkat berbagai masalah guru dan dia tak akan memberi janji kosong.

Ini isi pidatonya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Shalom, Om Swastiastu,
Namo Buddhaya, Rahayu,
Selamat pagi dan salam kebajikan bagi kita semua,

Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati,

Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke,

Guru Indonesia yang Tercinta, tugas Anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit.

Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.

Anda ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan.

Anda frustasi karena anda tahu bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal.

Anda tahu bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi.

Anda ingin setiap murid terinspirasi, tetapi anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi.

Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada anda. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia.

Namun, perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama.

Besok, di mana pun anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas anda.

– Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar.
– Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas
– Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas.
– Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri.
– Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak.

Selamat Hari Guru,
#merdekabelajar #gurupenggerak

Wassalammualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Shalom,
Om Santi Santi Santi Om,
Namo Buddhaya,
Rahayu.

Kedua :
Nadiem Makarim mengaku alasannya membuat pidato dua halaman itu berdasarkan isi hatinya. Isi pidato Nadiem Makarim tersebut mengenai kenyataan yang ia rasakan, seperti sulitnya birokrasi yang menyebabkan tugas pokok guru terganggu.

Ketiga :
Pidato Nadiem Makarim tersebut viral di sosial media. Buktinya, kata pencarian ʻPidato Nadiem Makarimʻ masuk menjadi google trends dengan pencarian mencapai 5 ribu lebih.

Sumber Berita : www.detik.com
https://m.detik.com/news/berita/d-4796243/pidato-nadiem-makarim-jadi-viral-ini-fakta-faktanya

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :