Bersihkan Sungai, Walikota Mojokerto Bakal Pasang Kapal Pemungut Sampah Bertenaga Surya

Ika Puspitasari atau Ning Ita, Walikota Mojokerto terus menggerakkan program-program bersih sampah dan kebersihan lingkungan. Hal itulah membuat The Ocean Cleanup, Danone Aqua Indonesia dan PT Reciki Solusi Indonesia bakal berkolaborasi dengan Pemkot Mojokerto dalam menanggulangi sampah.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, kolaborasi sekaligus inovasi itu disambut baik oleh Pemkot Mojokerto. Sebab saat ini Kota Mojokerto bersiap menjadi kota pariwisata dengan berbagai aspek kepariwisataannya. Salah satu aspek yang ditonjolkan dari kota pariwisata di Bumi Majapahit ini adalah Wisata Bahari.

Ning Ita bilang, Pemkot tak hanya memperhatikan pariwisata saja, tapi juga kebersihan lingkungan. Diantaranya dengan memanfaatkan teknologi pemungut sampah bertenaga surya.

“Kami berfokus pada penanganan sampah di sungai. Antara lain, melalui penyediaan interceptor. Ini merupakan alat berbentuk sebuah kapal bertenaga surya yang dapat memunguti sampah sampai dengan kedalaman 75 cm,” uangkapnya.

Rencananya alat tersebut akan ditempatkan di muara Sungai Ngotok, sebelum masuk ke Sungai Brantas. Sedangkan di sungai – sungai kecil, seperti Kali Sadar akan menempatkan trash boom. “Danone Aqua Indonesia juga menawarkan kerjasama terkait pemberian edukasi pengelolaan sampah untuk siswa – siswa sekolah serta pembangunan TPST,” paparnya.

Menurutnya, tawaran kerjasama itu merupakan bentuk dukungan dari Danone Aqua Indonesia dalam mewujudkan Kota Mojokerto sebagai Kota Wisata, yang salah satunya adalah wisata berbasis sungai.

Sehingga, sungai – sungai yang akan dijadikan wisata sungai ini bisa lebih bersih karena bebas sampah. “Mewariskan bumi yang bersih, bumi yang sehat untuk anak cucu kita nantinya,” tutup wali kota perempuan pertama Kota Mojokerto ini.

Dalam kunjungan kali ini dihadiri oleh Director of Sustainable Development Karyanto Wibowo dari Danone Aqua Indonesia, Senior Sustainability Integration and Packaging Manager Ratih Anggraeni, dan Circular Packaging Advisor Alexander Cramwinckel.

Dari The Ocean Cleanup Chris Wrop selaku Managing Director, Carlo Wesseling selaku Head of Business Development dan Bagus Paramanandana selaku Coastal Engineer. Dan dari PT Reciki Solusi Indonesia sekaligus Common Seas Bhima Aries Diyanto. (sma/adm)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :