Jelang Libur Nataru, Hotel dan Villa di Puncak Mojokerto Diburu, Harga Naik 100 Persen

Libur Natal dan Tahun Baru alias Nataru nanti, diprediksi jumlah wisatawan akan banyak mengunjungi wisata Pacet dan Trawas, Mojokerto. Hal itu terlihat dari okupansi atau jumlah unit hotel yang sudah dibooking atau dipesan.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, setidaknya 15 persen okupansi kamar dari 63 hotel dan restoran yang tersebar di Kota dan Kabupaten Mojokerto, kini telah ter-booking dari seminggu terakhir.

Satuin, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cabang Mojokerto mengatakan, jumlah itu diprediksi terus meningkat, hingga terisi penuh. Apalagi libur sekolah yang sudah mulai berjalan pekan depan.

’’Sementara ini memang masih belum ada peningkatan signifikan. Mungkin dua atau tiga hari ke depan okupansi kamar mulai banyak dipesan sampai lebih dari 50 persen,’’ ujarnya.

Tingginya permintaan pasti akan mempengaruhi harga sewa penginapan, termasuk di momentum nataru nanti.

Namun, menurutnya, kenaikan harga itu bukan berarti sekadar mencari keuntungan. Pihak hotel pasti akan memberikan pelayanan dan fasilitas yang maksimal, sesuai dengan harga yang ditawarkan. Sehingga wisatawan bisa terlayani dengan baik sesuai budget yang dikeluarkan.

’’Kalau kenaikan memang ada, bisa 20 persen, 50 persen, sampai ada juga yang 100 persen. Tapi, yang 100 persen itu adalah harga paket selama nataru. Termasuk, ada penambahan fasilitas. Seperti hiburan musik, pesta kembang api dan lain sebagainya,’’ terangnya.

Dia mengatakan, PHRI tidak henti-hentinya mendesak Pemkab Mojokerto untuk segera menertibkan rumah hunian atau vila tanpa izin atau ilegal.

Karena dia khawatir, rumah hunian yang dimanfaatkan sebagai usaha penginapan justru menggerus nilai jual hotel dan penginapan resmi di hadapan wisatawan.

Apalagi, jumlahnya kini terus bertambah, seiring banyaknya objek wisata yang berdiri. ’’Harusnya kan begitu (ditertibkan, Red). Mereka kan tidak tercatat sebagai investor, tapi bisa menikmati hasil usaha,’’ tandasnya. (sma/adm)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :