Ingin Awet Muda, Konsumsi 5 Buah dan Sayur Ini

Info Sehat

Semua orang pasti bakal mengalami penuaan, karena ini bagian dari proses alami yang tidak bisa dihindari. Namun semua orang juga punya keinginan untuk bisa selalu sehat, memiliki tubuh yang kencang dan awet muda.

Mengutip hellosehat.com, untuk bisa awet muda, kita bisa mengandalkan beberapa jenis buah-buahan dan sayuran. Ada 5 jenis buah dan sayur yang alan membantu kita untuk bisa awet muda.

Dr. Josh Axe, DNM, DC, CNS, seorang dokter chiropractic sekaligus ahli gizi klinis mengungkapkan, manusia sangat membutuhkan makanan yang mengandung antioksidan tinggi untuk memperlambat efek penuaan di setiap bagian tubuh, mulai dari kulit, otak, jantung, hingga persendian.

Nah, 5 jenis buah dan sayur berikut ini memiliki kreteria yang disebutkan Dr. Josh Axe :

1. Buah delima

Buah delima adalah salah satu buah yang paling sehat, karena mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi daripada teh hijau.

Buah berwarna merah ini dikemas dengan kandungan vitamin C yang dapat mencegah efek kerutan akibat sinar matahari. Selain itu, buah delima juga mengandung asam ellagic dan punicalagin, dua nutrisi penting yang baik untuk kulit.

Dengan minum segelas jus buah delima secara rutin setiap minggu, Anda akan mendapatkan hasil kulit sehat, kencang, sekaligus awet muda.

2. Alpukat

Selain memiliki rasa yang lezat, nutrisi yang khas pada alpukat adalah kandungan lemak sehatnya yang aman dan tidak membuat tubuh gemuk. Alpukat juga alkohol polihidroksi lemak yang membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memperbaiki DNA yang rusak.

Tak hanya itu, alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang memberikan perlindungan ganda pada kulit. Alhasil, kulit tetap kencang dan tak mudah keriput karena efek penuaan.
[sc name=”iklan-sisipan”]
3. Tomat

Cara lain agar awet muda adalah dengan mencoba menambahkan banyak tomat pada menu makanan Anda. Ini karena tomat mengandung likopen, sejenis karotenoid yang dapat melawan efek sinar UV pada kulit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dan antioksidan selama 15 minggu mengalami penurunan jumlah kerutan pada kulit secara signifikan.

Untuk mewujudkan kulit sehat dan awet muda, masak tomat dengan minyak zaitun yang juga mengandung lemak sehat.

4. Blueberry

Walau bentuknya kecil, Blueberry telah terbukti dapat memperlambat efek penuaan, bahkan bisa membuat Anda panjang umur, lho.

Blueberry mengandung antosianin tinggi, suatu senyawa yang dapat menurunkan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan rutin mengonsumsi sekitar 350 gram blueberry setiap hari, Anda akan terhindar dari garis-garis halus dan keriput di kulit.

5. Bayam

Menurut sebuah penelitian, sayur bayam mengandung beta karoten dan lutein, dua nutrisi penting yang terbukti dapat meningkatkan elastisitas kulit. Ketika kulit semakin elastis, ini artinya kulit menjadi lebih kencang dan tak mudah timbul garis-garis halus yang memicu keriput.

Selain itu, bayam juga mengandung fitonutrien atau senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari.

Maka itu, konsumsi 700 gram bayam setiap minggunya untuk membuat kulit tetap sehat dan awet muda.(sma/int)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :