Dipakai Shalat Jamaah, Masjid di Mojokerto Disemprot Desinfektan

Dalam upaya pencegahan dalam kerumunan massa yang memungkinkan tersebarnya virus Corona (Covid-19) terus digencarkan, salah satunya petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto yang melakukan penyemprotan desinfektan di Masjid.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, sebelum digunakan untuk ibadah shalat berjamaah, petugas PMI melakukan penyemprotan desinfektan di salah satu Masjid yang tetap mengelar shalat jumat. Yakni Masjid Ar-Roudloh Komplek Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Mojokerto, yang berada di Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto Jumat (20/3/2020).

Penyemprotan desinfektan ini sebagai langkah pencegahan dan penyebaran Covid-19. Petugas PMI Kabupaten Mojokerto dibantu sejumlah relawan dari Tagana, TNI/Polri melakukan penyemprotan dan dilanjutkan pembersihan sisa-sisa disinfektan.

Muhammad Dhofir, Ketua Takmir Masjid Ar-Roudloh mengatakan, sebelum melaksanakan shalat jumat, pihak takmir berusaha melakukan sosialisasi agar masyarakat yang berencana melaksanakan shalat jumat tetap berwaspada.

“Terkait virus Corona, kita sudah memberikan informasi kepada jamaah melalui WA dan pemberitahuan secara lisan untuk jamaah membawa sajadah dari rumah. Selain itu kita juga di bantu petugas PMI,” ungkapnya.

Kata Dhofir, petugas dari PMI Kabupaten Mojokerto akan memberikan himbauan cuci tangan sebelum pelaksanan shalat Jumat. Menurutnya, tata cara pelaksanaan shalat Jumat tidak ada macam-macam, himbauan atau hal baru, semua dilaksanakan seperti biasa.

Sementara itu, Didik Soedarsono, Kasi Pelayanan dan Penanggulangan Bencana, PMI Kabupaten Mojokerto, mengatakan, sejak Rabu kemarin (18/3/2020), PMI sudah melakukan penyemprotan desinfektan. Mulai dari sekolah, perkantoran, kampus dan masjid di wilayah Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto.

“Rabu kemarin penyemprotan di beberapa sekolah SD di wilayah Mojoanyar, Kamis perkantoran, SMK dan cafe. Kita juga sosialisasi ke kampung-kampung di wilayah Mojoanyar kerjasama dengan puskesmas, kecamatan, Koramil dan Polsek tentang cuci tangan dan menjaga kebersihan,” katanya.

Kemudian hari ini (20/3/2020) dilakukan penyemprotan di Masjid Ar-Roudloh Komplek IPHI Kabupaten Mojokerto karena lokasi masjid berada di jalur utama yang menghubungkan Mojokerto dengan Pasuruan. Sehingga dimungkinkan banyak masyarakat luar Mojokerto yang mampir di masjid tersebut untuk menjalankan shalat Jumat.

Penyemprotan dilakukan pada tempat yang biasa tersentuh oleh tangan. Seperti gagang pintu dan lain sebagainya.

Pihaknya akan mensiagakan petugas di Masjid Ar-Roudloh untuk memberikan himbauan agar jamaah melakukan cuci tangan.

“Hari ini, ada dua titik karena bersamaan dengan pelaksanaan sholat Jumat sehingga yang kita lakukan penyemprotan di Masjid Ar-Roudloh dan kampus Politeknik Stikes Mojopahit. Tidak ada karpet di dalam masjid karena himbauan MUI agar masyarakat yang akan melaksanakan sholat Jumat membawa sajadah dari rumah,” jelasnya. (sma/adm)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :