Dispendik Kota Mojokerto Perpanjang Lagi Liburan Siswa PAUD hingga SMP, Tetap Belajar di Rumah

Dinas Pendidikan Kota Mojokerto kembali memperpanjang masa belajar di rumah bagi siswa jenjang PAUD, SD hingga SMP.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, penambahan masa libur itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan Dinas pendidikan. Salah satu poin dalam surat itu menyebutkan, jika pembelajaran di rumah yang semula berakhir  pada 29 Maret diperpanjang hingga 4 April nanti.

Amin Wachid, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto mengatakan, hari ini (kemarin) surat edaran sudah disampaikan kepada para Kepala Sekolah. Perpanjangan masa masa belajar di rumah itu karena melihat perkembangan penyebaran virus corona (Covid-19).

Bahkan, para tenaga pendidik dan tenaga pendidikan di lembaga negeri maupun swasta juga tidak berkewajiban berdinas ke sekolah setiap hari. Mereka bisa melakukan tugas dari rumah, terhitung mulai 26 Maret sampai 4 April. “Bekerja dari rumah sambil ada giliran piket untuk pelayanan. Menyesuaikan kondisi,” terangnya.

Dalam menindaklanjuti terkait SE (Surat Edaran) Mendibud Nomor 4 Tahun 2020 yang memutuskan untuk membatalkan Ujian Nasional (UN) 2020. Sehingga kata Amin, keikutsertaan UN tidak lagi jadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang yang lebih tinggi.

Namun, untuk pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di masing-masing jenjang tetap dilaksanakan. Apalagi US jadi salah satu pertimbangan untuk menentukan kelulusan siswa. “Juga ditambah dengan nilai rapor lima semester terakhir sebagai acuan kelulusan,” tandasnya.

Dispendik juga menekankan agar US untuk sementara tidak digelar dalam bntuk tes yang mengumpulkan masa. Untuk antisipasi agar tidak ada penyebaran Covid-19, maka disarankan melalui dalam jaringan (daring) atau online. “Untuk SMP sudah jalan lewat online semua hingga besok (hari ini),” katanya.

Sesuai jadwa;, jenjang SD akan melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer mulai 13-22 April mendatang. “Untuk SD kondisional. Kalau situasi memungkinkan bisa tes langsung. Tapi kalau tidak, kita upayakan juga lewat jarak jauh,” paparnya. (sma/adm)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :