Beda Waktu, Berjemur untuk Olah Raga atau Tingkatkan Imunitas, Ini Kata Pakar Gizi Indonesia


Sejak virus corona mewabah di Indonesia, diantara hal yang dianjurkan selain cuci tangan pakai sabun dan physical distancing adalah berjemur di bawah sinar matahari.

Ya, manfaat berjemur ini diantaranya untuk mendapatkan vitamin D secara alami yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas.

Sebenarnya, jam barrapa sih waktu berjemur yang paling efektif ?… ada yang menyebut pukul 10.00 wib dan ada yang menyebut pagi hari mulai pukul 07.00 hingga 09.30 wib.

Menyikapi perdebatan soal waktu berjemur ini, Pakar Gizi Nasional, yaitu Dokter ahli gizi dan magister filsafat, Dr dr Tan Shot Yen M Hum meyampaikan bahwa kapan waktu berjemur yang tepat sangat tergantung pada tujuan yang diinginkan.
Berita Terkait :

Kalau ingin mendapatkan paparan sinar matahari langsung ke kulit tubuh itu tujuannya adalah vitamin D, maka waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat sinar ultraviolet B adalah pukul 11.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

Dalam hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam situs penelitian biomedis dan bioinformatika National Center for Biotechnology (NCBI), intensitas ultraviolet B (UVB) tertinggi ada pada pukul 11.00 WIB pagi sampai pukul 13.00 WIB.

“Jadi, kalau yang diinginkan kadar vitamin D, untuk imunitas, berjemur saja sekitar 15 menit antara pukul 10.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB,” terangnya.(sayma)
Baca juga :

Baca juga :