Tenaga Medis di Mojokerto Shalat Pakai APD Viral di Medsos, Ini Videonya

Sebuah video menunjukkan seorang tenaga medis memakai Alat Pelindung Diri (APD) menunaikan shalat, telah viral di media sosial Facebook. Dalam video itu tertera lokasi RSUD dr Wahidin Sudirohusodo, Kota Mojokerto.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, video itu diunggah oleh akun Facebook Ida Sulaiman pada pukul 06.57 WIB, Selasa (7/4/2020).

Video berdurasi 13 detik tersebut memperlihatkan seorang petugas medis menunaikan shalat sambil duduk di atas kursi.

Hingga hari ini (8/4/2020), video itu sudah dilihat sebanyak 542 orang dan sudah dibagikan sebanyak 16 kali.

“Tetap semangat kawan kawanku ,tetap menjadi pelayan masyarakat, semoga covid 19 segera berlalu.#amin senantiasa mendekat pada sang pemberi hidup #rsud wahidin sudirohusodo kota mojokerto#ruang isolasi covd19,” tulis akun Ida Sulaiman dalam keterangan video.

Elisabeth, Kasi Keperawatan RSUD dr Wahidin Sudirohusodo, membenarkan jika video viral salah satu tenaga medis yang sedang bertugas di ruang isolasi itu sedang menunaikan shalat memakai APD merupakan di RSUD Wahidin Sudirohusodo.

“Iya benar, itu Dani salah satu tenaga medis kami yang bertugas diruang isolasi. Memang kalau diruang isolasi diharuskan pakai pakaian APD,”ujarnya.

Menurut Elisabeth, para tenaga medis yang beragama Islam menunaikan shalat di ruang isolasi, karena sesuai protap tidak boleh melepas APD.

Sebab jika melepas APD sebelum waktunya istirahat, maka dikawatirkan akan terpapar Virus Corona, sekaligus untuk mencegah penularan wabah Covid-19 terhadap tim medis yang sedang bertugas.

“Mau tidak mau paramedis yang belum ganti shift harus melaksanakan shalat di ruang isolasi. Karena protapnya tidak boleh melepas APD sebelum ganti shift, takutnya terpapar Virus Corona,” tegasnya.

Sementara itu, Adi Wijayanto, Ketua tim medis penanganan isolasi Covid-19 RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo menegaskan, pakaian APD wajib digunakan tenaga medis saat ada diruang isolasi. Setiap hari tenaga medis yang beragama Islam melakukan shalat menggunakan pakaian APD.

“Ya setiap hari (salat menggunakan pakaian APD) karena disamping untuk mencegah resiko yang lebih tinggi penularan covid 19, pakaian APD sendiri juga sedikit sulit untuk pemakaiannya,” pungkasnya.

Ini Video Viralnya :

(sma/udi)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :