Positif saat di-Rapid Tes, 5 Warga Mojokerto Dikarantina di Rusunawa

Rusunawa atau Rumah Susun Sederhana Sewa milik Pemkot Mojokerto kini sudah difungsikan sebagai tempat karantina bagi warga terkait pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, saat ini di Rusunawa yang ada di Jalan Cinde VIII Kelurahan/Kecamatan Prajurit Kulon ini sudah disiagakan tim medis selama 24 jam, juga petugas dan semua sarana pendukung.

Bahkan, saat ini sudah ada 5 warga Kota Mojokerto yang dikarantina di Rusunawa setelah hasil rapid tesnya diketahui reaktif atau positif. 5 warga ini akan menjalani karantina sampai hasil tes swabnya keluar.

Gaguk Try Prasetyo, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Mojokerto ketika dikonfirmasi membenarkan adanya 5 warga yang dikarantina di rusunawa.

“Ada 5 warga yang sudah dikarantina di Rusunawa, mereka ini masuk kategori OTG, jadi orang tanpa gejala. Secara klinis, orang ini sehat,” ungkapnya, Rabu (13/05/2020)

Gaguk juga mengatakan, 5 warga yang dikarantina ini sebelumnya Sudah di-Rapid tes dan hasilnya reaktif. “Jadi, mereka menunggu hasil swabnya, semoga semua negatif,” ujarnya.

Sebelumnya, lima warga yang dinyatakan OTG ini pernah berkunjung ke wilayah terjangkit covid-19 sehingga meski tanpa gejala, tetap menjalani rapid tes untuk deteksi dini dan ternyata hasilnya reaktif dan dikarantina untuk mengantisipasi penyebarannya.

Ika Puspitasari, Walikota Mojokerto sebelumnya mengatakan, dengan merebaknya penyebaran covid-19 di Jawa Timur, maka pemkot harus melakukan antisipasi penyebaran. Diantaranya menyiapkan tempat karantina.

“Jadi, kalau PDP yang kita tracing ditemukan beberapa orang yang pernah kontak dengan pasien, akan kita karantina,” ungkapnya.

Kata Walikota, Rusunawa milik pemkot ini dinilai sudah memenuhi syarat untuk dijadikan tempat karantina bagi orang dengan resiko (ODR) maupun OTG.

Saat ini, di Rusunawa sudah ditempatkan satu tim penanganan covid-19 yang meliputi dokter, perawat, bidan dan petugas pendukung lainnya. Dan kini, di rusunaqa sudah ditempati 5 warga Kota Mojokerto yang di-rapid tes dan hasipnya positif.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :