Cegah Covid-19, Dispendik Kota Mojokerto Perpanjang Masa Belajar di Rumah Bagi Siswa Sekolah

Keputusan libur sekolah akibat pandemi virus corona (Covid-19) di Kota Mojokerto akan berakhir pada 1 Juni 2020 mendatang. Namun, Dinas Pendidikan Kota Mojokerto kembali memperpanjang massa belajar dirumah hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Mojokerto.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, melalui surat keputusan yang diterima pada Jumat (29/05/2020), Dinas Pendidikan Kota Mojokerto resmi memperpanjang masa belajar di rumah hingga batas waktu yang tidak ditentukan, atau sampai menunggu keputusan dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Mojokerto.

Amin Wachid, Kepala Dispendik Kota Mojokerto mengatakan, penambahan masa libur bagi siswa jenjang PAUD, SD, hingga SMP itu tertuang dalam Surat Edaran yang dikeluarkan pada 27 Mei 2020. ’’Hari ini Jumat (29/05/2020) edaran sudah saya sampaikan kepada para kepala sekolah,’’ jelasnya, Jum’at (29/05/2020).

Masih kata Amin, perpanjangan masa belajar di rumah itu diambil, untuk pencegahan penyebaran COVID-19. Untuk itu pihak sekolah diminta untuk tetap mengalihkan pembelajaran dari satuan pendidikan ke rumah masing-masing.

Dalam surat edaran itu, dirinya juga menekankan agar Kepala Sekolah dan pengawas melakukan monitoring dan evaluasi selama peserta didik belajar di rumah.

Amin juga menegaskan, agar proses pengumuman kelulusan, pengambilan raport hingga kenaikan kelas serta pendaaftaran bisa dilakukan secara virtual. “Agar tidak sampai mengundang kerumunan tentunya,” tegasnya.

Dan yang terakhir, setiap lembaga dibawah naungan Dinas Pendidikan Kota Mojokerto agar menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mulai dari menyiapkan tempat cuci tangan, menyiapkan Disinfektan untuk menyemprot ruang belajar, spanduk himbauan, menyiapkan thermal gun dan alat pelindung diri (APD).”Semua wajib pakai masker, dari peserta didik, pengajar, penjaga hingga petugas kantin dan tamu,” tambahnya.

Sementara Ika Puspitasari, Walikita Mojokerto mengatakan, saat ini Pemkot Mokokerto sudah memyiapkan PPDB Full Online from Home mulai TK, SD dan SMP. “PPDB tahun ini Full Online, dan memperioritaskan warga Kota Mojokerto serta Gratis. Jadi, jalur luar kota akan dibuka ketika pagu warga Kota sudah terpenuhi,” tegasnya.(sma/adm)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :