Program SIM Gratis di Polres Mojokerto Mulai Dibuka, Ini Syaratnya

Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74, Polres Mojokerto mempunyai program pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Gratis khusus SIM A dan C, namun ada syaratnya.

AKP AM Ridho, Kasatlantas Polres Mojokerto mengatakan, program pembuatan SIM gratis ini, khusus SIM A dan C yang digelar dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara. Dalam program ini, Polres mojokerto bekerjasama dengan BRI.

“Iya, kita memang ada program dalam menyambut HUT Bhayangkara yakni pembuatan SIM baru secara gratis. Namun untuk ikut dalam program ini, ada syarat khusus. Yakni pemohon yang lahir pada tanggal 1 Juli,” ungkapnya.

Kasatlantas juga mengatakan, bagi pemohon yang ingin mengikuti program ini bisa melakukan pendaftaran di Satpas Polres Mojokerto mulai tangal 22 Juni sampai 30 Juni 2020 mulai pukul 08.00 sampai 14.00 WIB, dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) jika pemohon lahir pada tanggal 1 Juli.

“Namun karena kita kerjasama dengan sponsor (BRI), kuotanya hanya dibatasi 10 pemohon saja. Pastinya, nanti pemohon wajib melakukan serangkaian tes, mulai tes kesehatan, tes teori hingga praktek,” terangnya, Senin lalu (22/06/2020).

Menurutnya, jika pemohon nantinya gagal dalam melakukan serangkaian tes SIM, maka otomatis akan dialihkan kepada pendaftar berikutnya.

“Ya, meski hanya dibatasi 10 kuota saja, namun tetap menerima pendaftar berikutnya. Misalnya ada pendaftar 20 orang tetap kita terima. Namun yang berhak mendapatkan SIM Gratis hanya 10 pendaftar pertama. Itupun kalau misalnya gagal dalam menjalani tes, ya otomatis akan dialihkan pada pendaftar yang lain,” jelasnya.

Tes SIM itu sendiri akan dilakukan pada 1 Juli mendatang. “Namun jika tidak memungkinkan, maka digelar besoknya atau tanggal 2 Juli,” katanya.

Kasatlantas juga menghimbau, agar masyarakat berkendara demi keselamatan dan taati peraturan lalu lintas. “Selama pandemi ini, masyarakat tidak perlu keluar rumah kalau memang tidak terlalu penting,” himbaunya.

Seperti diketahui, program SIM Gratis dalam rangka memperingati HUt Bhayangkara ini berlaku secara nasional, namum pelaksanaannya baik sasaran maupun kuotanya diserahkan ke masing-masing daerah. (sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :