Di Tengah Pandemi, Konsumsi Madu Bagus tuk Kesehatan, Tapi Ada Caranya..

Mengkonsumsi madu memang bagus untuk kesehatan, apalagi di tengah pandemi covid-19 ini semua orang harus selalu menjaga kesehatan dan menjaga kelebalan tubuh.

Madu memang salah satu jenis makanan yang dipercaya punya berbagai manfaat kesehatan sejak zaman kuno, bahkan menurut Iranian Journal of Basic Medical Sciences disebut madu telah digunakan oleh manusia sejak 8.000 tahun lalu.

Selama berabad-abad, madu digunakan dalam keperluan pengobatan, salah satunya sebagai obat pencernaan dan ketidakseimbangan pada tubuh, juga baik untuk kesehatan jantung, penyembuhan luka, hingga kadar antioksidan dalam darah.

Ini karena madu mengandung sejumlah vitamin, mineral, elektrolit, enzim, asam amino, dan flavanoid. Madu juga memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun, mengonsumsi madu tetap ada aturannya, kalau terlalu banyak bisa menyebabkan efek buruk karena kadar gula dan kalorinya yang tinggi.

Lalu, bagaimana cara paling sehat mengonsumsi madu?

Pertama, manfaat madu bisa digunakan sebagai pengganti gula dan menikmatinya dalam jumlah sedang. Bisa dicampurkan pada teh atau kopi, mengoleskannya pada roti, atau mencampurkannya pada sereal.

Dikutip dari Medical News Today, aturan umumnya dengan menggantikan satu sendok gula dengan 3/4 cup madu saat membuat kue.

Namnu, perlu diingat untuk tidak memberikan madu kepada anak di bawah usia satu tahun. Karena anak bayi dapat mengembangkan risiko botulisme, yaitu racun dari jenis bakteri tertentu yang disebut Clostridium botulinum.
[sc name=”iklan-sisipan”]
Mengutip Time.com, cara mengkonsumsi madu yang aman adalah mengonsumsinya dalam jumlah sedang, atau madu dikonsumsi hanya satu sendok makan saja setiap harinya.

Dalam ukuran tersebut, madu memilik 64 kalori dan 17 gram gula, termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa.

Sedangkan dalam memilih jenis madu terbaik, para ahli menyarankan untuk memilih yang berwarna lebih gelap. Umumnya, warna yang makin gelap menunjukkan kadar antioksidan yang lebih tinggi. Sayangnya, makin gelap warna madu rasanya akan lebih pahit.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :