Sejumlah Sekolah di Mojokerto Masih Nekad Gelar MPLS Secara Tatap Muka

Sejumlah sekolah yang ada diwilayah Kabupaten Mojokerto nekat memulai tahun ajaran baru 2020-2021, dengan menggelar kegiatan tatap muka. Meski, saat ini Kabupaten Mojokerto masuk dalam zona merah penyebaran virus Corona (Covid-19)

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, beberapa sekolah yang terpantau memulai Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), diantaranya SMPN 1 Jetis; SMPN 1 Mojoanyar, Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar; dan juga SMPN 1 Sooko di Jalan Wijaya Kusuma, Kecamatan Sooko.

Di SMPN 1 Jetis misalnya, di tahun ajaran baru ini ada 256 siswa. Di hari pertama masuk sekolah atau MPLS, ratusan peserta didik baru rencananya akan dibagi empat gelombang dan digelar selama empat hari. Mulai Senin (13/7/2020) sampai Kamis (16/7/2020) mendatang. Para siswa akan mengikuti MPLS setiap hari dengan waktu satu jam.

Sebelum mengikuti MPLS, didepan gerbang mereka harus dicek suhu tubuh. Jika kedapatan di atas 37 derajat celcius diminta untuk pulang. Sedangkan suhu tubuh di bawah 37 derajat celsius diminta cuci tangan sebelum masuk kelas.

Subroto, Kepala SMPN 1 Jetis mengatakan, ada 256 siswa baru yang mengisi delapan rombel. Masing-masing kelas akan mengikuti MPLS setiap harinya selama satu jam.

Menurutnya, MPLS di SMPN 1 Jetis dilakukan secara sederhana. Di jam pertama, para siswa mengikuti upacara kemudian dilanjutkan masuk kelas.

“Mereka masuk kelas untuk pengenalan wali kelas dan ke perpustakaan untuk pinjam buku,” ungkapnya.

Setelah mendapatkan buku, kata Subroto, siswa diminta untuk pulang. Sementara untuk siswa kelas II dan III, proses belajar mengajar dilakukan secara daring atau online.
[sc name=”iklan-sisipan”]
Kegiatan MPLS juga dilakukan di SMPN 1 Mojoanyar. Sejak pukul 07.00-09.00 WIB, terdapat 32 siswa baru yang datang ke sekolah. Anak-anak kelas VII itu dibagi menjadi dua kelas. Setelah baris berbaris di depan kelas, mereka diminta masuk ke dalam ruang kelas. Para siswa baru ini diberi pengarahan oleh gurunya.

“Memang anak-anak peserta didik baru, kami minta datang untuk MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dan penerimaan buku paket,” kata Ahmad Fauzi, Wakil Kepala SMPN 1 Mojoanyar, Senin (13/7/2020).

Dia mengatakan, kegiatan MPLS dan pembagian buku pelajaran di SMPN 1 Mojoanyar digelar selama tiga hari. Yaitu mulai hari ini (13/7/2020) sampai Rabu (15/7/2020).

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :