Bawaslu Investigasi Beredarnya Video Tumpukan Uang di Mobil Tim Paslon Pilbup Mojokerto

Video viral terkait tumpukan uang pecahan Rp 100 ribu dalam mobil salah satu pendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto, disikapi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, Bawaslu Kabupaten Mojokerto akan memanggil pemilik mobil terkait video tersebut.

Aris Fahrudin Ashat, Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto mengaku, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan masuk soal beredarnya video tersebut. Namun pihaknya melakukan investigasi, dan akan memanggil pemilik mobil pada, Senin (5/10/2020) sekitar pukul 19.00 WIB.

Menurutnya, pemanggilan terhadap pemilik mobil, tak lain untuk mengklarifikasi maksud dan tujuan terkait video tersebut. “Klarifikasi ini sebagai bahan untuk kita kaji lebih dalam. Karena kemarin informasinya kita ngeceknya by phone. Pemilik mobil mengaku yang beredar dalam video bukanlah pemilik mobil, melainkan temennya. Dan itu hanya Iseng-iseng,” katanya.

Terkait dugaan terkait money politic, kata Aris, hal itu sangat lemah. Sebab dalam video tersebut tidak ada transaksi. Namun jika uang didalam mobil itu kedapatan sudah dibagikan ke masyarakat, kata Aris, maka ada ketentuan pidana. Baik pemberi maupun penerima yakni sesuai dengan Pasal 73 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pelanggaran Money Politic.

“Unsur money politic itu harus ada yang memberi dan yang diberi uang. Tapi dalam video berdurasi singkat itu tidak ada hal tersebut, barang belum kemana-mana dan lagi uang itu mau dibuat apa juga belum jelas. Jadi harus dikaji lebih dalam. Mobil timses maupun non timses itu lumrah, kalau didalamnya berisi banyak uang,” pungkasnya.

Sebelumnya, video berdurasi 31 detik viral di media sosial WhattsApp. Nampak mobil Daihatsu Xenia putih bernopol S 1012 SC nampak bercoret cat pilox bertuliskan pasangan calon nomor urut 1, Ikfina Fahmawati-Muhammad Al Barra (IkBar) dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto 2020.

Dalam video yang diabadikan oleh salah seorang pria menggunakan kaos warna hitam itu tergambar jelas uang pecahan Rp 100 ribuan berserakan di jok, dasbor dan lantai mobil. Selain itu bagian tengah mobil terlihat uang pecahan yang sama, dengan jumlah yang cukup banyak juga tercecer di jok dan lantai mobil.

Beredar informasi, mobil Daihatsu Xenia putih bernopol S 1012 SC dengan bercoret cat pilox bertuliskan pasangan calon nomor urut 1, Ikfina Fahmawati-Muhammad Al Barra (IkBar) biasa dipakai Najib Alfalaq, Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Mojokerto. (sma/udi)

HEBOH.. Mobil Paslon di Mojokerto Dipenuhi Uang Rp 100 Ribuan.. Ini Videonya..

 

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :