Gubernur Jatim Serahkan Opini WTP Kepada Pemkab Mojokerto

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur menyerahkan hasil opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019 dari Pemerintah, melalui Kementerian Keuangan termasuk kepada Pemkab Mojokerto.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, penghargaan diterimakan kepada Estu Bagijo, Pjs Bupati Mojokerto Himawan Senin (19/10) pagi di Grand City Surabaya. Pada tahun anggaran 2018 lalu opini WTP juga dikantongi Pemkab Kabupaten Mojokerto. Ini artinya, WTP Tahun Anggaran 2019 kali ini merupakan prestasi enam kali berturut-turut yang berhasil dipertahankan.

WTP sendiri merupakan bentuk dari kesesuaian laporan keuangan yang dilaksanakan sesuai standard akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

WTP merupakan sarana menggambarkan kondisi sebuah daerah, yang telah menerapkan transparansi, dan good governance. Selanjutnya, informasi yang diolah dan disajikan dalam laporan yang menghasilkan predikat WTP, bisa dijadikan alat atau instrumen pengambilan sebuah keputusan strategis.

Selain menyerahkan WTP, pada acara ini juga dilaksanakan rakor ketertiban & keamanan di wilayah Provinsi Jawa Timur tahun 2020 jelang Pilkada 9 Desember mendatang (diikuti 19 daerah yang menyelenggarakan pilkada termasuk Kabupaten Mojokerto). Rakor yang dimoderatori oleh Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, membahas beberapa hal mulai kendala teknis hingga peluang ancaman yang mungkin terjadi. Terlebih lagi, pilkada kali ini dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19. (sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :