Kemenag Ajak CJH Cek Porsi Melalui Aplikasi Haji Pintar, Ini Caranya

Aplikasi Pintar

Kemenag Kabupaten Mojokerto mengajak masyarakat familiar dengan aplikasi haji pintar. Karena, selain bisa dimanfaatkan untuk mengecek porsi keberangkatan haji, juga berisi informasi seputar haji lainnya.

Mukti Ali, Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Mojokerto mengatakan, dengan aplikaai haji pintar Calon Jamaah haji (CJH) bisa mengetahui nomor porsi dan waktu keberangkatan.

Kata Mukti Ali, keberangkatan haji sering mengalami perubahan yang disebabkan banyak faktor. Di antaranya, pengurangan kuota haji, situasi pandemi, dan sebagainya.

Nomor porsi yang terdiri atas 10 digit akan diberikan ketika CJH membayar setoran awal di bank penerima setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). ’’Namun, tahun ini Indonesia memilih untuk tidak memberangkatkan jamaah haji ke Tanah Suci karena terkena imbas pandemi virus korona (Covid-19),’’ ujarnya.

Mukti Ali, Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Mojokerto

Mukti Ali menambahkan, kendati demikian, tidak ada salahnya CJH aktif mengecek nomor porsi keberangkatan haji melalui berbagai cara. CJH hanya membutuhkan akses internet untuk mengetahui nomor porsi keberangkatannya.

’’Dengan genggaman smartphone, calon jamaah bisa mandiri mengikuti perkembangan jadwal keberangkatan melalui dua cara. Yakni, dari situs dan aplikasi,’’ katanya.

Untuk cek jadwal keberangkatan haji berdasarkan nomor porsi via situs Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan fitur cek nomor porsi melalui situs yang dapat diakses baik melalui ponsel maupun personal computer (PC).

CJH juga dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi software Kemenag yang tersedia untuk pengguna smartphone berbasis sistem android. ’’Untuk aplikasi haji pintar, calon jamaah dapat mengecek jadwal keberangkatan lewat aplikasi yang diunduh di Play Store,’’ pungkasnya. (sma/ADV)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :