Ini Cara Alami dan Ampuh Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi adalah salah satu masalah pada gigi dan mulut yang paling menyiksa. Selain membuat susah untuk makan, juga dapat mempengaruhi suasana hati dan bahkan kesehatan Anda secara menyeluruh.

Sebelum membahas cara mengobatinya, sebaiknya kita kenali dulu apa itu sakit gigi.

Sakit gigi adalah rasa nyeri yang muncul di dalam atau di sekitar gigi, baik intensitas ringan atau berat. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari tumbuh gigi, gusi bengkak, gigi berlubang, abses gigi (adanya nanah di dasar gigi), gigi retak/patah, tambalan gigi lama yang rusak dan lain sebagainya.

Gejalanya pun tidak hanya sekedar nyeri, terkadang juga disertai dengan banyak gejala lain, seperti pusing, demam, sakit telinga, sakit leher, dan bau mulut.

Bahkan, jika rasa sakit yang muncul lebih dari dua hari dan disertai dengan demam, sesak napas, serta sakit luar biasa ketika membuka mulut dan gusi berwarna merah yang tidak wajar, juga ada cairan yang keluar dan berbau tidak sedap maka segera konsultasi ke dokter gigi.

Para dokter gigi menyarankan, sebaiknya kesehatan gigi harus dijaga secara rutin dengan periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali kalau tidak ada gejala.

Sementara bagi yang ingin mengobatinya secara mandiri di rumah. Ada 3 cara ampuh untuk mengobati sakit gigi untuk sementara waktu.

1. Kompres Pakai Es Batu

Sakit gigi biasanya disertai dengan pipi bengkak. Maka, kita bisa mengompres pipi yang bengkak dengan es batu. Bisa memakai handuk kecil yang dibasahi lalu ditempelkan pada area pipi yang bengkak, biarkan selama 15 menit-20 menit.

2. Kumur dengan Air Garam

Air garam terbukti membantu meredakan peradangan serta rasa sakit di gusi dan gigi. Sebelumnya, bersihkan sisa makanan yang menempel di gigi terlebih dulu. Kemudian siapkan 1-2 sendok makan garam dapur, lalu larutkan ke dalam segelas air hangat, berkumurlah selama 30 detik, lalu muntahkan semua air garam tersebut.

3. Obat Pereda Nyeri

Cara mengobati sakit gigi lainnya minum denga mengkonsumsi obat pereda nyeri yang bisa dibeli di apotek.

Mengobati Sakit Gigi juga bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di dapur.

1. Kunyah Bawang Putih

Bawang putih bersifat sebagai antiseptik dan antibiotik alami yang dapat membantu melawan infeksi dan juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri di gigi. Caranya, kunyah bawang putih mentah beberapa menit.

2. Daun Jambu Biji

Penelitian menyebutkan bahwa daun jambu biji memiliki sifat anti radang yang dapat membantu menyembuhkan luka. Begitu juga daun jambu biji juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut Anda.

Caranya, kunyahlah daun jambu biji segar yang sudah dibersihkan. Atau hancurkan daunnya dan dicampur air hangat lalu dipakai berkumur.


3. Cengkih

Minyak cengkih yang mengandung senyawa eugenol, yang berperan sebagai antiseptik alami terbukti secara efektif mampu meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan untuk sementara waktu.

Caranya, bisa dicampur air untuk berkumur atau minyak cengkeh diteteskan di kapas lalu ditempelkan pada gigi yang sakit.

Berbagai cara tersebut hanya bersifat sementara, selanjutnya kita harus selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut serta secara rutin periksa ke dokter gigi.(sma/udi)

Baca juga :