Sungai Meluap, 5 Dusun di Mojokerto Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur kawasan Mojokerto dan daerah sekitar membuat Sungai Lamong meluap. Akibatnya, lima dusun terendam banjir hingga berdampak pada rumah warga.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, banjir terjadi di tiga Desa yang ada Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Yakni, Dusun Talunsudo, Desa Gunungan, Dusun klanting dan Dusun Pulo Desa Pulorejo, serta Dusun Ngarus dan Dusun Balong, Desa Banyulegi.

Pantauan di lokasi, banjir cukup tinggi terjadi di Dusun Balong, Desa Bayulegi, Kecamatan Dawarblandong dengan ketinggian air mencapai 90 CM dan merendam pemukiman warga.

Selain itu, banjir juga merendam pupuhan hektar sawah warga dan memutus aksis jalan antar Desa di wilayah Kecamatan Dawarblandong.

Kopda Jouns Yusuf Effendi, Anggota Koramil Dawarblandong mengatakan, air dari Kali Lamong meluap sejak Sabtu siang sekitar pukul 11.00 WIB, ditambah lagi hujan deras yang mengguyur daerah sekitar.

“Air meluber ke pemukiman warga, menggenangi beberapa fasilitas umum, sawah serta jalan antar desa,” ungkapnya usai mengevakuasi lansia di Dusun Balong, Desa Bayulegi, Kecamatan Dawarblandong Minggu (13/12/2020).

Muhammad Zaini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mojokerto mengatakan, hingga Minggu pagi, kondisi banjir akibat luapan sungai masih belum surut.

“Kalau rumah diperkirakan 30 lebih yang terendam dari tiga Desa. Untuk ketinggian sendiri cukup bervariasi antara 50 sampai 100 cm,” jelasnya.

Saat ini, Petugas BPBD, Tagana, PMI, TNI/Polri serta puluhan relawan dan warga bergotong royong membantu melakukan evakuasi warha dan perabotan yang masih berada di rumah.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :