Benarkah Air Kelapa Dicampur Jeruk Nipis Bisa Sembuhkan Korona ?, Ini Penjelasan Satgas

Upaya pencegahan terhadap penyebaran virus korona memang harus melakukan 4M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Selain itu, salah satunya diantaranya adalah dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang.

Nah, kini banyak beredar informasi berbagai resep untuk menyembuhkan covid-19, salah satunya dengan mengkonsumsi air kelapa muda dicampur perasan jeruk nipis, garam, dan madu.

Bahkan, sempat beredar juga sebuah narasi, apabila mengonsumsinya satu jam sebelum tes swab, maka hasilnya bisa negatif. Hal ini pun langsung ditanggapi Satgas Covid-19 dan diipastikan bahwa informasi tersebut HOAX.

Berdasarkan keterangan resmi dari Satgas Covid-19, hingga saat ini belum ada penelitian yang menemukan ada makanan atau minuman bisa menghilangkan virus korona.

Mengutip situs covid19.go.id pada Jumat (25/12/2020), campuran air kelapa, jeruk nipis, garam, dan madu memang bermanfaat baik buat tubuh. Namun, itu untuk meningkatkan daya tahan tubuh saja, tidak bisa benar-benar menghilangkan virus corona.

“Belum ada bukti klinis yang menyebutkan bahwa campuran bahan-bahan tersebut dapat menyembuhkan seseorang dari virus corona,” tulis Satgas Covid di laman resminya.
[sc name=”iklan-sisipan”]
Artinya, jika mengkonsumsi air kelapa dengan dicampur atau dipisah, hal itu hanya akan membantu memperkuat daya tahan tubuh. Karena, Air kelapa memiliki nutrisi dan mineral dalam jumlah tinggi seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, mangan, dan fosfor.

Manfaat air kelapa memang sudah lama dikenal sebagai sumber anti-oksidan yang baik buat tubuh juga bisa menjaga fungsi tubuh seimbang. Terutama, pasokan energi serta keseimbangan elektrolit.

Manfaat minum air kelapa lainnya adalah, untuk mengisi kembali cairan yang hilang akibat aktivitas tubuh. Air kelapa muda juga rendah kolesterol dan gula. Namun, disarankan untuk tidak terlalu banyak minum air kelapa hijau. Karena bisa berdampak buruk.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :