Malam Ini KPU Tetapkan Cabup – Cawabup Mojokerto, Pemprov Optimis Pebruari Pelantikan

Ikfina - Gus Barra bersama KPU (istimewa)

Penetapan calon bupati dan wakil bupati Mojokerto terpilih hasil pilkada 2020 ditetapkan KPU Kabupaten Mojokerto pada Jumat (22/1/2021) malam.

Muslim Bukhori, Ketua KPU Kabupaten Mojokerto mengatakan, Rapat Pleno Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto dilakukan mulai pukul 19.00 WIB di Grandwish Hotel Trawas.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, penetapan cabup – cawabup terpilih ini diberikan kepada Paslon Nomor urut 01, Ikfina Fahmawati-Muhammad Al Barra, yang unggul dalam pilkada 2020 dengan perolehan suara 65,2 persen dengan total suara 404.805.

Sementara kapan Ikfina – Gus Barra akan dilantik ?

Jempin Marbun, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Timur mengatakan, agenda pelantikan Kepala Daerah di Jatim diperkirakan tertunda karena adanya perkara di MK.

Namun, ia optimis pada tanggal 17 pebruari akan ada pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. “Sampai hari ini, kami masih sangat optimistis bahwa pada tanggal 17 Februari akan ada pelantikan. Itu harapan kami,” ungkapnya, seperti dikutip dari Surya.co.id.

Jempin juga mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menyiapkan alternatif solusi apabila pelantikan sejumlah Kepala daerah belum bisa dilakukan.

Pemerintah Provinsi akan menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten/kota bersangkutan sebagai Pelaksanaan Harian (Plh) kepala daerah.

Sekedar informasi, di Jawa Timur, pelantikan kepala daerah untuk 17 kabupaten/kota hasil pillkada 2020 lalu seharusnya dilakukan pada 17 Februari 2021 mendatang.
[sc name=”iklan-sisipan”]
Hal ini memperhitungkan masa selesainya jabatan kepala daerah periode sebelumnya. Termasuk Bupati Mojokerto yang masa jabatannya habis pada 17 Pebruari 2021.

Data 17 daerah tersebut di antaranya: Kabupaten Jember, Ngawi, Ponorogo, Lamongan, Kabupaten Kediri, Situbondo, Gresik dan kabupaten Trenggalek. Kemudian, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Blitar, Sumenep, Banyuwangi, Kabupaten Malang, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, dan Kota Blitar.

Sedangkan dua daerah lain yang juga hasil Pilkada serentak 2020 lalu akan dilantik di waktu berbeda. Yakni, Kabupaten Pacitan pada 4 April 2021 dan Kabupaten Tuban pada 20 Juni 2021 mendatang.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :